Press "Enter" to skip to content

Sebelum Pergi, Jangan Lupa Membawa Surat Keterangan Tes Corona

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo mengingatkan masyarakat agar jangan lupa membawa surat keterangan tes corona sebelum berpergian.

Sebab, setiap pemeriksaan di bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, petugas selalu mengecek surat keterangan ini.

“Pentingnya kita semua untuk mengikuti ketentuan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini adalah surat edaran dari gugus tugas,” kata Doni di Gedung BNPB, Senin (25/5/2020).

WAJIB MENUNJUKKAN

Doni menegaskan, setiap orang yang berpergian wajib menunjukkan surat keterangan telah mengikuti rapid tes untuk jangka waktu kadaluwarsa tiga hari, dan PCR untuk jangka waktu kadaluwarsa 7 hari di setiap tempat pemeriksaan.

Apakah di bandara, pelabuhan maupun di check point selama melaksanakan perjalanan darat, termasuk kereta api,, surat ini harus ditunjukkan.

Baca juga  Melayat Jenazah Covid-19 Tak Boleh Lebih dari 30 Orang

“Jika tidak bisa menunjukkan, masyarakat akan diputarbalikkan dan tidak diizinkan melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Aparat gabungan, dishub, kepolisian dan Satpol PP serta unsur TNI akan meminta paksa seseorang kembali ke tempat semula jika tak bisa menunjukkan surat keterangan.

PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Selain itu, Doni meminta warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Besar harapan kita semua untuk mematuhi aturan yang ada untuk selalu taat kepada protokol kesehatan. COVID ini belum berakhir dan kita pun belum dapat kepastian kapan adanya vaksin,” tandasnya. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *