Press "Enter" to skip to content

Zulkifli Hasan: New Normal di Masjid Sejalan dengan Pancasila

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyerukan agar masjid yang dibuka tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya mengimbau agar masjid diperbolehkan untuk dibuka dan mulai melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan prosedur COVID-19 seperti physical distancing dan menggunakan masker,” kata Zulkifli, Jumat (5/6/2020).

PROSEDUR NEW NORMAL

Dalam pembukaan shalat jamaah di masjid bisa dimaknai dengan berjalannya tatanan kehidupan baru atau new normal. Zulkifli mengatakan, pengurus masjid bisa berperan untuk mengatur jalannya prosedur shalat berjamaah.

“New normal harus dimaknai juga penerapannya dalam melaksanakan salat berjamaah bagi umat Islam. Pengurus masjid bisa berperan untuk menjaga disiplin jemaah agar mengikuti semua prosedur new normal,” kata Zulkifli

Baca juga  Pondok Pesantren Al Fattah Sidoarjo, Mencetak Generasi Berakhlakul Karimah

BANGSA RELIGIUS

Zulkifli berpendapat bahwa pelaksanaan new normal di tempat ibadah sejalan dengan sila pertama Pancasila. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yang mendahulukan penguatan spiritual.

“Ini sejalan dengan sila pertama Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa. Kita adalah bangsa yang religius dan karena itu yang harus didahulukan adalah penguatan jiwa dan spiritualnya,” tandasnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *