Press "Enter" to skip to content

JK: Vaksin Corona Paling Cepat Februari 2021

Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla (JK) mengakui bahwa penyebaran COVID-19 sangat cepat.

“Tidak ada virus secepat ini. Kecepatan sekarang sudah 8 juta orang terkena COVID-19 di dunia. Dulu 1 juta kasus pertama terjadi dalam kurun waktu 3 bulan. Kemudian 1 juta keduanya terjadi hanya dalam waktu 20 hari. Dan yang terakhir dari angka kasus 7 juta menuju kasus ke 8 juta dicapai hanya dalam waktu 8 hari,” kata JK, Rabu (17/6/2020).

EFEKNYA

Efeknya, lanjut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ini, juga berdampak pada ekonomi. Selain itu, dia melihat pemimpin suatu daerah baru pertama kali menghadapi bencana seperti COVID-19 ini.

“Ibu Khofifah sangat berpengalaman mengatasi bencana saat Mensos. Tetapi saat ini beda. Biasanya bencana alam datang, kita atasi dampaknya/akibatnya. Sekarang sebabnya kita atasi juga bersama dengan dampaknya. Menyelesaikan sebab dan akibat inilah kita perlu persatuan, kesamaan pandangan karena akibatnya di sosial ekonomi,” jelasnya.

Baca juga  Cegah Corona, Gubernur Jateng: Nggak Usah Mudik Idul Adha

PRODUKSI

JK menyebut vaksin Corona paling cepat ditemukan Februari 2021 mendatang. Meski begitu produksi dan penerapannya ke masyarakat akan mulai diterapkan pada Agustus-September 2021.

“Vaksin itu paling cepat Februari. Masih diuji klinis. Cina mungkin cepat, tapi belum diakui dunia. Kalau ketemu Februari, perlu 3-4 bulan untuk menciptakan banyak. Kira-kira kita dapat Agustus September,” ujarnya.

Menurutnya, kecepatan virus harus dilawan dengan kecepatan. Bagaimana sekarang di Indonesia korban tertular pertama 2 Maret. Butuh 2 bulan di Indonesia untuk mencapai kasus ke-10 ribu.

“Lalu kemarin hanya dalam 10 hari terakhir, kasus bertambah 10 ribu. Ini cepat sekali,” imbuhnya.

JK menegaskan, COVID-19 berbeda dengan HIV/AIDS dan Influenza. Oleh karena itu, kecepatan harus dilawan dengan kecepatan.

Baca juga  Jokowi Ingin TAP MPRS jadi Acuan Isu Ideologi Negara

“2-3 Tahun kita baru akan berhenti memakai masker. Ini tidak mudah tapi harus disiapkan,” tandas dia. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *