Arab Saudi Libatkan Polisi Wanita dalam Pengamanan Haji

Musim Haji tahun ini menjadi tahun pertama dilibatkannya polisi wanita dalam pasukan keamanan Kota Suci selama berlangsungnya prosesi ibadah haji. Keputusan ini sebagai lanjutan kebijakan pemerintah tahun lalu yang mengizinkan wanita bergabung dalam dinas militer.

Afnan Abu Hussein, adalah salah satu angkatan pertama kadet perempuan yang lulus pelatihan kepolisian. Dia mengaku sangat senang dan bangga dapat berpartisipasi dalam musim haji tahun ini.

KEBANGGAAN

“Ini adalah sumber kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami. Haji adalah musim yang sangat sibuk bagi kami, tidak seperti hari-hari normal,” ujar Afnan yang dikutip di Arab News, Kamis (30/7).

Musim Haji telah dimulai sejak Rabu (29/7) kemarin, saat para peziarah memulai perjalanan mereka dari Masjidil Haram di Mekah. Prosesi haji tahun ini memang cukup istimewa dibanding sebelumnya, termasuk jumlah jamaah yang jauh lebih sedikit, prosedur dan kebijakan keamanan yang lebih ketat, hingga tambahan fasilitas kesehatan.

Baca juga  Aksi Militer Iran Merupakan Respons Terhadap Agresi Rezim Jahat Zionis

“Setiap kelompok peziarah memiliki pemimpin untuk memfasilitasi dan mengendalikan gerakan mereka untuk memastikan jarak sosial,” kata Sari Asiri, direktur jenderal urusan Haji dan Umrah di Kementerian Kesehatan.

“Selain itu, setiap kelompok juga didampingi oleh seorang profesional kesehatan untuk memantau status kesehatan peziarah dan membantu mereka ketika dibutuhkan,” tambahnya.

SELEKSI KETAT

Asiri menjelaskan, seluruh pekerja yang melayani jemaah haji tahun ini juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan mereka bebas dari COVID-19. Rumah sakit dan pusat kesehatan Mekah juga telah disiapkan untuk menghadapi keadaan darurat apa pun.

Pejabat kementerian, kata Asiri juga melakukan proses seleksi yang ketat untuk memastikan kesejahteraan jamaah sebelum kedatangan mereka di Mekah. “Kami mengunjungi setiap peziarah di rumah mereka dan melakukan tes keseluruhan untuk kondisi kesehatan mereka, dan kami memantau mereka setiap hari sampai mereka tiba di hotel mereka di Mekah,” jelas Asiri. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed