Mutlak Terapkan Protokol Kesehatan, JK Anjurkan Shalat Idul Adha di Lapangan

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla menegaskan, masyarakat mutlak menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona saat merayakan Hari RayaIduladha 1441 Hijriah, besok Jumat (31/7/2020). Sebabnya ibadah Idul Adha tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena situasi pandemi virus corona.

“Hari raya besok harus kita rayakan dengan penuh disiplin, dan tentu disiplin selalu ada pengorbanan dalam hal ketidaknyamanan, tapi itu hal mutlak yang harus dilakukan,” kata Jusuf Kalla di BNPB, Kamis (30/7/2020).

JAGA JARAK

Ia menekankan, masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dalam pelaksanaan salat Iduladha dan saat ibadah kurban, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan memakai masker. 

JK juga mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat Iduladha di lapangan terbuka untuk mencegah penularan Covid-19. 

Baca juga  17 Agustus Mendatang Paspor RI Ganti Desain

“Di lapangan memang lebih dianjurkan karena Covid-19 lebih mudah teratasi di ruang terbuka dibanding di ruang yang tertutup, asal terpnuhi protokol kesehatan,” ucapnya. 

Menurutnya, dengan mengorbankan situasi dan momen yang biasa dilakukan dengan cara kumpul keluarga dan bersilaturahmi, maka manfaat berupaya risiko penularan Covid-19 dapat dicegah. 

“Hari raya Iduladha ini bertepatan dalam suasana waspada, suasana Covid-19 yang bisa menyebabkan musibah besar bila kita tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, disiplin adalah kemutlakan,” tandasnya. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed