Malaysia Blacklist 3 Negara, Termasuk RI

Malaysia menutup diri dan mem-blacklist dari tiga negara yaitu India, Indonesia dan Filipina. Ini dikarenakan ketiga negara ini mengalami pertumbuhan penyebaran corona yang sangat cepat dan dalam jumlah besar.

hari Senin kemarin (7/9), Malaysia menutup perbatasan bagi sejumlah negara termasuk Indonesia. Kemlu pun merilis imbauan.

Seperti diinformasikan sebelumnya Pemerintah Malaysia menutup pintu untuk warga negara India, Filipina, dan Indonesia menyusul tingginya jumlah kasus penderita positif virus Corona di tiga negara tersebut per hari Senin ini (7/9).

Mengutip Bloomberg, dalam pengumuman yang dilakukan pada Selasa (1/9) itu, pembatasan untuk tiga negara tersebut berlaku untuk pelajar, ekspatriat, permanent residents, dan anggota keluarga. Keputusan itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

“Dalam pertemuan hari ini diputuskan untuk menerapkan larangan masuk warga India, Indonesia, dan Filipina ke Malaysia,” ujar Ismail, Selasa (1/9).

“Penutupan ini berlaku untuk Permanent Residents (PR), pemilik Malaysia My Second Home (MM2H), ekspatriat dalam semua kategori, mereka yang memiliki visa pasangan, dan pelajar yang merupakan warga negara dari negara yang dimaksud,” ujarnya.

Keputusan ini menurutnya merupakan saran dari Kementerian Kesehatan Malaysia, yang merasa larangan masuk akan menjadi metode paling efektif untuk mengurangi kasus impor Corona di Malaysia.

“Malaysia akan terus memonitor situasi dan bisa memperlebar larangan jika virus kembali meningkat di banyak negara,” ujar Ismail. (01)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed