Press "Enter" to skip to content

Kurikulum Pendidikan Ganti Lagi

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan hasil paparan pada Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Kurikulum dari Mendikbud Nadiem ini akan berganti lagi.
Menurut Nadiem, kurikulum baru akan diuji coba di sejumlah sekolah pada tahun 2021.

“Kita ada tim yang kuat yang sedang melaksanakan penyederhanaan dan rasionalisasi kurikulum 2013. Tahun 2021 akan mulai kita coba di berbagai sekolah penggerak,” ujarnya .

SOAL KOMPETENSI

Ia mengatakan pada kurikulum baru nanti, guru harus mengetahui kompetensi dan kemampuan masing-masing siswa di kelasnya. Sehingga para guru tersebut akan mengajar berdasarkan kompetensi dan kemampuan siswa.

Menurut Nadiem, hal tersebut bisa terjadi karena kurikulum baru akan memiliki berbagai modul yang bisa disesuaikan dengan kemampuan siswa. Nantinya, sambung dia, guru yang akan memutuskan modul yang cocok dipakai untuk masing-masing siswa.

Baca juga  Surabaya Kembangkan Bilik Disinfektan Cegah Covid-19

“Tidak diseragamkan kompetensinya, tapi diberi kemerdekaan guru mengajar di level yang tepat untuk anaknya. Anak tidak belajar kalau terlalu gampang, anak tidak belajar kalau terlalu sulit,” katanya.

KURIKULUM DARURAT

Kurikulum darurat yang diterbitkan selama pandemi, lanjutnya, juga bisa menjadi gambaran modifikasi kurikulum yang bakal diuji coba nanti.

“Kurikulum darurat sudah melewati proses penyederhanaan yang juga dilalui kurikulum baru,” terangnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *