Suntik Vaksin Corona Diperkirakan Molor dari November

Rencana suntuk vaksin covid 19 yang sedianya akan dilakukan November, kemungkinan besar akan mundur. Hal itu diungkapkan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia mengungkapkan kemungkinan pemberian vaksin yang ditargetkan bulan November akan mundur. Hal itu dikarenakan belum adanya pemberian emergency use authorization (EUA).

EUA sendiri diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Meski begitu, Luhut menegaskan keterlambatan pemberian vaksin dari target bukan karena vaksinnya belum ada.

Dia menyatakan vaksinnya sudah ada dan didapatkan pemerintah. Vaksin itu juga siap diberikan, hanya tinggal menunggu izin EUA.

“Tadi Presiden telepon saya, karena barangnya (vaksin) sudah dapat. Rencananya yang minggu ke dua November bisa saja nggak tercapai, tapi bukan karena barangnya, barangnya siap. Tapi adalah emergency use authorization-nya belum bisa dikeluarkan BPOM,” jelas Luhut saat memberikan arahan di Lemhanas dan disiarkan di YouTube, Jumat (23/10).

Baca juga  Tentara Israel Keok Oleh Kawanan Lebah

Menurutnya, pemerintah ingin memastikan terlebih dahulu izin EUA bisa diberikan, agar pemberian vaksin bisa sesuai aturan.

“Karena ada aturan dan step yang mesti dipatuhi. Jadi itu Presiden nggak mau lari dari situ, dia mengatakan keamanan nomor satu. Jadi kita lihat sampai kapan ini,” pungkasnya. (01)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed