by

Haruskah Niat Umrah Tergerus Corona?

Oleh
Nur Cahya Hadi

Bismillah…..
Saudaraku yang dirahmati Allah. Sejak Arab Saudi melakukan buka tutup tempatnya sucinya karena wabah Corona setahun yang lalu, tepatnya akhir Februari 2020, banyak umat Islam yang merindukan suasana khusyuk saat umrah dan beribadah di Makkah dan Madinah.

NIAT KUAT
Bahkan jamaah yang tahun lalu sudah siap berangkat umrah tetapi batal karena wabah Corona inipun, banyak yang enggan mengambil uangnya yang sudah disetor ke travel untuk biaya umrah. Meski sudah setahun lebih ibadah umrah fase normal masih belum jelas, tetapi banyak calon jamaah yang tetap kokoh pendiriannya dan dengan sabar menunggu kapan akan diberangkatkan umrah oleh travelnya masing masing. ” Saya niatkan memang untuk biaya umrah sekeluarga. Saya tidak akan ambil uang saya. Bahkan akan saya tambah untuk mengajak tiga anak saya lagi,” ujar Ny Lisa Sulistyawati, salah satu calon jamaah umrah yang rencananya berangkat dengan travel Mina wisata bersama 19 anak cucu dan kerabatnya.
Wanita yang bertempat tinggal di Jakarta ini adalah salah satu contoh calon jamaah yang kuat dalam pendirian, demi bisa beribadah umrah di tanah suci Makkah.

Baca juga  Wamenag Minta Polemik Kemenag Hadiah untuk NU, disudahi

PASTI DIUJI
Saudaraku…dalam hidup ini, kita tidak bisa hanya mengatakan iman kepada Allah kemudian tidak diuji. Apalagi kalau mempunyai niat baik untuk ibadah haji dan umrah. Sebagaimana firman Allah dalam alquran surat Al Ankabut ayat 2, yang artinya:
“Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji?”
Semua akan diuji oleh Allah untuk mengetahui apakah niatnya itu benar atau tidak. Niatnya sungguh sungguh ataukah hanya main main saja. Semua itu dilakukan Allah SWT, dalam rangka untuk mencari siapa yang terbaik di antara hamba hambanya. Sebagaimana firman Allah:
“Dzat Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk: 2)

Baca juga  HUT Kabupaten Bangkalan, Kapolres Ungkap Pesan Persatuan dan Tingkatkan Sinergitas

UMRAH 700 KALI
Oleh karena itu saudaraku….sebagai seorang yang sudah meniatkan diri untuk beribadah umrah, harusnya kita rela dan sabar dengan ujian Allah seperti mewabahnya Corona sekarang ini. Karena niat yang kuat akan mendapat nilai tersendiri di hadapan Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah:
“Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” ( HR Buhari Muslim).
Luar biasa janji Allah dan Rasulnya. Corona adalah makhluk Allah yang diturunkan ke dunia untuk menguji hambanya. Dengan menguatkan niat tetap berangkat umrah, berarti kita sudah lulus ujian kesabaran dari Allah. Tentu pahalanya akan berlipat ganda. Bisa jadi kita kalau benar bisa melaksanakan ibadah umrah nanti, kita akan mendapatkan pahala seperti 700 kali pahala umrah sebagai janjinya Rasulullah di atas, atas kesabaran kita selama ini.
Aamiin Allahumma Aamiin. Selamat menunggu takdir terbaik Allah, bisa beribadah ke tanah suci dengan aman, nyaman dan khusyuk.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed