by

Bahaya menyebarkan Sertifikat Vaksin Corona di Medsos

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Satgas Prof Wiku Adisasmito minta kepada masyarakat agar tidak sembarang umbar sertifikat vaksinasi. Pasalnya, dalam sertifikat tersebut terdapat data pribadi yang bisa dipindai begitu saja.
Akibatnya, ada risiko penyalahgunaan data pribadi yang bisa didapat dari sertifikat vaksinasi COVID-19 tersebut. Apalagi, jika diunggah di media sosial yang bisa menyebar dan terjangkau luas oleh banyak orang.

“Meminta kepada para penerima vaksin covid-19 yang sudah mendapatkan sertifikat bukti telah divaksin agar tidak mengunggahnya ke media sosial ataupun tidak mengedarkannya,” papar Wiku dalam konferensi pers, Selasa (23/3).

“Penting untuk diketahui bahwa di dalam sertifikat bukti telah divaksinasi terdapat data pribadi dalam bentuk QR Code yang dapat dipindai,” jelasnya.

Baca juga  Gandeng Milenial, Polresta Mojokerto Pilih Duta Vaksin dan PPKM untuk Edukasi Masyarakat

Wiku kembali menegaskan untuk bijak menggunakan sertifikat vaksinasi COVID-19 yang sudah didapat agar tidak menimbulkan risiko di kemudian hari.
“Gunakan sertifikat tersebut sesuai dengan kebutuhannya, karena tersebarnya data pribadi dapat membawa risiko bagi kita,” pungkasnya. (01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed