by

Satgas Covid-19 Berharap, Mudik Lokal Juga Dilarang

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat di dalam satuan wilayah aglomerasi tidak melakukan mudik atau perjalanan ke luar daerah dan kota terdekat, menjelang Idulfitri 1442 Hijriah ini.

JANGAN DIBIARKAN

Doni berharap masyarakat dapat patuh tidak mudik lokal serta pulang kampung sebagai salah satu upaya menekan potensi laju penyebaran virus corona di tengah keluarga.

“Mudik lokal pun kita harapkan tetap dilarang. Jangan dibiarkan terjadi mudik lokal. Kalau terjadi mudik lokal, artinya ada silaturahmi, ada salam-salaman, ada cipika-cipiki. Artinya apa? bisa terjadi proses penularan satu sama lainnya,” kata Doni dalam acara daring yang disiarkan lewat Kanal Youtube Pusdalops BNPB, yang dilihat majalahnurani.com Senin (3/5/2021).

Baca juga  Jadi Narasumber Bersama UNICEF, Wali Kota Surabaya Pamer Pembelajaran Tatap Muka Aman

Doni pun mengakui, di tengah imbauan dan larangan mudik, masih ada sekitar 7 persen penduduk atau sekitar 18,9 juta masyarakat yang masih berniat untuk mudik tahun ini. Dengan temuan itu, ia khawatir kasus Covid-19 di Indonesia akan kembali mengalami lonjakan.

Berkaca pada kasus-kasus pada tahun lalu, lanjut dia, libur panjang rata-rata menyumbang kenaikan kasus nasional Covid-19. Tercatat, penambahan jumlah kasus positif Covid-19 baik secara harian maupun kumulatif mingguan melonjak hingga 93 persen sejak libur Idulfitri 22-25 Mei 2020. Lonjakan kasus itu terlihat dalam rentang waktu 10-14 hari kemudian.

Hal serupa juga terjadi pada libur panjang Agustus 2020 lalu. Penambahan jumlah kasus positif Covid-19 baik secara harian maupun kumulatif mingguan melonjak hingga 119 persen sejak libur panjang 20-23 Agustus 2020.

Baca juga  Antisipasi Bencana Alam, Polresta Mojokerto Gelar Rapat Koordinasi

Adapun libur panjang 28 Oktober-1 November 2020 terjadi peningkatan kasus harian covid-19 hingga 95 persen. Dan terakhir, pada 24 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021, terjadi lagi peningkatan hingga 78 persen.

“Kita harus bekerja keras, bagaimana kita bisa mengajak 7 persen ini tidak mudik. Tidak cukup pemerintah, tapi juga diikuti orang tua yang ada di kampung halaman harus mengingatkan yang ada di perantauan untuk menunda mudik pada tahun ini,” tandas Doni. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed