by

PBNU Tegaskan Tak Ada Pertentangan Antara Pancasila dan Islam

Di Hari Lahir Pancasila, Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini menegaskan bahwa tak ada pertentangan antara nilai-nilai Islam dengan Pancasila.

Menurutnya, hal tersebut sudah diputuskan NU dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama di Situbondo tahun 1983 dan dikukuhkan dalam Muktamar ke-27 NU di Situbondo tahun 1984.

“NU menyatakan bahwa Pancasila merupakan konsensus kebangsaan yang bersifat final. NU memutuskan bahwa Tidak ada pertentangan antara Islam dengan Pancasila,” kata Helmy dalam keterangan resminya, Selasa (1/6/2021).

MELESTARIKAN NILAI PANCASILA

Helmy menegaskan bahwa NU memiliki komitmen dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Sebab, NU memegang prinsip bahwa segala ikhtiar untuk mengawal, melestarikan, dan mempertahankan Pancasila patut didukung dan diapresiasi.

Baca juga  Update Corona 16 Oktober 2021: Kasus Baru 997, Kematian 44 Orang

“Terlebih kini Indonesia berada di tengah ancaman ideologi trans nasionalisme yang merapuhkan sendi-sendi keutuhan bangsa dan persatuan nasional,” kata dia.

Helmy menyatakan momentum hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni bisa dijadikan sebagai wahana untuk terus berpikir dan berlaku positif.

“Hari lahir Pancasila juga harus dijadikan momentum untuk bergerak secara positif agar semua dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed