by

Inilah Doa-Doa yang Membuat Setan Frustasi

Ingin hidup tenang dan bahagia, jauh dari resah, gelisah dan gangguan setan? Berikut 5 doa yang sangat ditakuti dan membuat setan putus asa.

Bismillah…
Saudaraku, kegelisahan datangnya dari setan sementara ketenangan datangnya dari Allah. Hari hari ini hidup kita selalu dihantui dengan ketakutan dan kegelisahan. Takut bertemu orang, takut beraktifitas, takut wabah penyakit bahkan takut shalat berjamaah di masjid.
Saudaraku, jangan terpancing dengan terlalu banyak berpolemik masalah corona. Mari kita lakukan Sunnah Rasulullah agar hidup menjadi lebih tenang.
Corona adalah makhluk atau virus yang sangat kecil dan itu adalah çiptaan Allah sehingga pasti tunduk kepada pençiptanya. Semua yang terjadi sekarang tidak lepas dari takdir dan ketentuan Allah. Karena itu semestinya semuanya kita kembalikan kepada Allah.
Dalam suasana seperti ini peluang setan untuk membuat manusia gelisah, resah sehingga lupa beribadah sangatlah besar. Tapi kalau kita kembali pada Sunnah Rasulullah, Insya Allah kita pasti menang melawan setan. Banyak doa doa yang membuat Setan cemas dan bahkan frustasi menghadapi manusia. Berikut doa harian yang diajarkan Rasulullah agar hidup berkah dan jauh dari gangguan setan.

  1. Doa pagi dan Petang
    بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
    Artinya: “Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi maha Mengetahui.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).
    Keutamaan doa di atas, disebutkan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis:
    “Tidaklah seorang hamba mengucapkan setiap pagi dari setiap harinya dan setiap petang dari setiap malamnya kalimat: BISMILLAHILLADZI LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDHI WA LAA FIS SAMAA’ WA HUWAS SAMII’UL ‘ALIIM (dengan nama Allah Yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan di bumi dan tidak juga di langit, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak 3 kali, maka tidak akan ada apa pun yang membahayakannya(termasuk setan dan makhluk Allah yang lain).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
  2. Doa Berlindung dari Bahaya
    أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
    “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan”.
    Keutamaan doa ini disebutkan Rasulullah dalam sebuah hadis:
    “Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a: ‘A’AUUDZU BI KALIMAATILLAHIT TAAMMATI MIN SYARRI MAA KHALAQ (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan), ‘ niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga dia pergi dari tempat itu.”(HR. Muslim)
  3. Doa yang membuat Setan Frustasi
Baca juga  Soal Pembakaran Bendera,  PBNU Ingin Ajak Bicara Muhammadiyah 

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Artinya:
“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”
Dalam sebuah hadis rasulullah bersabda:
Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa:
BISMILLAHI TAWAKKALTU ALALLAH LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH
Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud dan Turmudzi,)

  1. Baca doa nabi Ibrahim
    حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
    “Cukuplah Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baiknya tempat bersandar”. (QS Ali Imron 173)
    Doa inilah yang dibaca nabi Ibrahim dan mampu menyelamatkannya ketika dia dimasukkan ke dalam api yang membara.
    Kalimat tersebut menyiratkan makna bahwa hendaknya seorang hamba menggantungkan segala urusannya kepada Allah. Sebab, Allah adalah satu-satunya penolong yang bisa dijadikan tempat bersandar.
    Rasulullah saat mau perang juga membaca doa ini dan menang dengan jumlah tentara yg lebih sedikit
  2. Baca doa nabi Yunus
    لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
    Artinya:
    “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”
    Sabda Rasulullah:
    Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINADZ DZAALIMIIN”. Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).
Baca juga  Update Positif Corona 15 Agustus: Tambah 2.345, Total 137.468 Orang

Saudaraku, setelah semua doa kita lakukan, maka ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan yaitu Ikhtiar. Mari kita berikhtiar dengan hidup bersih, memakai masker dan menghindari kerumunan serta keluar rumah tanpa tujuan. Islam sangat mengajurkan ikhtiar dalam hidup ini.
Sebagaimana firman Allah:
إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
Artinya : … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri … ( QS. Ar-Ra’du 11 )
Juga dalam surat Al Jumat ayat 10 Allah berfirman:
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya : Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. ( QS. Al-Jumu’ah 10 )

Baca juga  Rombongan Pertama Jamaah Haji Tiba Senin Malam

Setelah doa dan ikhtiar kita lakukan maka saatnya kita bertawakkal kepada Allah atas ketentuan yang sudah ditakdirkan Allah.
Bertawakkal adalah sikap yang paling dicintai oleh Allah. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah QS. Ali Imran ayat 159 :
فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya: Apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
Dengan bertawakkal, Allah juga menjanjikan hidup kita akan dicukupi.
وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ
“Barang siapa bertawakkal kepada Allah maka Allah akan mencukupkan (keperluannya).” ( QS Attalaq ayat 3)

Semoga bermanfaat

Surabaya, 6 Juli 2021
Renungan Pagi,
Nur Cahya Hadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed