by

Amal Ibadah di Hari Arafah

Bismillah…..
Saudaraku, Insya Allah besok kita sudah memasuki hari arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijah. Banyak amalan yang harus kita lakukan seusia dengan Sunnah Rasulullah. Berikut amalan-amalan yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja.

PUASA ARAFAH
Pertama yang kita lakukan adalah puasa arafah yang keutamaannya dapat menghapus dosa selama dua tahun.
سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ
Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya.” (HR. Muslim)

BANYAK BERDOA
Yang tidak boleh kita lupakan adalah hari arofah adalah waktu mustajabah. Pada saat jamaah haji wukuf mulai dhuhur sampai terbenam matahari adalah waktu yang sangat tepat untuk berdoa. Sebagaimana sabda Rasulullah:
خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ
وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْء قدير
“Sebaik-baik do’a adaloh do’a di hari ‘Arafah. Dan sebaik-baik dzikir yang aku ucapkan dan diucapkan juga oleh Nabi-Nabi sebelumku adalah kalimat: lâ-ilâha illallâhu wahdahû lâ syarïkalah….[HR at-Tirmidzi]

Baca juga  Tinjau Vaksinasi Serentak 114 Titik di Jatim, Kapolri Optimis Target 2 Juta Per Hari Tercapai

BANYAK BERZIKIR
Selain berpuasa dan banyak berdoa, yang disunahkan dalam hari arofah adalah berdzikir dengan banyak bertakbir, tahmid dan tahlil. Sebagaimana sabda Rasulullah:
مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمَ عِنْدَ اللَّهِ وَلاَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنَ الْعَمَلِ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ الْعَشْرِ
فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنَ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ
“Tidak ada hari-ahri yang dianggap lebih agung oleh Allah SWT dan lebih disukai untuk digunakan sebagai tempat beramal sebagaimana hari pertama hingga kesepuluh Dzulhijjah ini. Karenanya, perbanyaklah pada hari-hari itu bacaan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad)

ISTIGHFAR
Saudaraku, pada hari Arafah juga dinyatakan sebagai hari yang paling banyak Allah membebaskan manusia dari neraka. Maka perbanyak istighfar agar kita terbebas dari siksa Allah. Sebagaimana sabda Raslullah:
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

Baca juga  Wali Kota Surabaya Ajak Konsul Jenderal AS Kembangkan Startup Digital

Tidak ada satu hari di mana Allah lebih banyak membebaskan hamba dari neraka, melebihi hari arafah. Sesungguhnya Allah mendekat, kemudian Allah membanggakan mereka di hadapan para Malaikat. Allah berfirman, ‘Apa yang mereka inginkan?’ (HR. Muslim dan Nasai).

DOA KITA MUSTAJABAH
Saudaraku, jangan pada saat kita puasa Arafah, selain waktunya utama dan mustajabah, doa oang yang puasa juga mustajabah dan tidak akan tertolak. Sebagaimana sabda Rasulullah:
saw bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ تُحْمَلُ عَلَى الْغَمَامِ، وَتُفْتَحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاوَاتِ، وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكَ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

” Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizholimi. Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya, lalu Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Demi izzah-Ku, Aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu.” (HR Ahmad)

Baca juga  Update Corona 10 September 2021: Kasus Baru 5.376, Meninggal Dunia 315

Saudaraku, demikian keutamaan hari Arafah dan beberapa amalan yang harus kita lakukan. Semoga bermanfaat.

Drs HNur Cahya Hadi
Direktur majlahanurani.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed