by

Benarkah Azab Kubur Tidak ada?

Bismillah…
Saudaraku, banyak diantara kita yang tidak percaya adanya azab atau siksa kubur. Argumentasinya kalau dilihat sekilas memang benar dan masuk akal. Mereka mengatakan apanya yang diazab, orangnya sudah mati dan tubuhnya akan hancur dimakan cacing tanah. Apanya yang disiksa, karena begitu ruh keluar dari badan maka badan sudah tidak berfungsi dan tidak merasakan sakit lagi.
Karena itu maka belakangan ini bermunculan pemikiran bahwa siksa atau azab kubur bukanlah sesuatu yang nyata.

INFORMASI DARI NABI
Sebenarnya, informasi adanya siksa kubur berasal dari Allah dan Rasulullah. Rasulullah mengingatkan kita tentang dasyatnya siksa kubur.
Beberapa dalil mengenai azab kubur cukup banyak ditemukan dalam Alquran dan hadits.
Pembahasan mengenai azab kubur tersirat pada cukup banyak ayat dalam Alquran. Salah satu di antaranya adalah surat At-Taubah ayat 101. Dalam surat tersebut disebutkan:
سَنُعَذِّبُهُمْ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّونَ إِلَىٰ عَذَابٍ عَظِيمٍ
“Nanti mereka (penduduk Madinah yang munafik) akan Kami siksa dua kali, kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar.”
Di dalam salah satu tafsir Alquran disebutkan bahwa kalimat “Nanti mereka akan Kami siksa dua kali” menyiratkan azab di dunia serta azab kubur. Salah satu ahli tafsir yang mengungkapkan hal ini adalah Ibnu Abbas.
“Kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar” menyiratkan azab akhirat berupa kekekalan di dalam neraka.
Selain itu, ada cukup banyak hadits yang juga berbicara mengenai siksa atau azab kubur. Salah satunya adalah sebuah hadits riwayat Muslim berikut:
Dari Abu Ayyub Al-Anshari RA katanya: “Rasulullah SAW pernah keluar rumah sesudah maghrib, maka terdengar olehnya suatu suara. Kata beliau, Itu suara orang Yahudi sedang disiksa dalam kuburnya.” (HR Muslim)
Dalam hadis yang lain, diceritakan bahwa
Suatu hari Rasulullah pernah berjalan melewati dua makam, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya penghuni kedua makam ini sedang menjalani siksaan. Mereka berdua disiksa bukan karena dosa besar. Salah seorang dari keduanya adalah orang yang selalu tidak bersih bersuci dari buang air kecil (kencing), sedangkan yang kedua adalah orang yang suka mengadu domba.” (HR. Al-Bukhari, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Baihaqi)

Baca juga  Resep Jitu Alquran, Hadapi Setiap Masalah

DIANJURKAN BERDOA
Karena adanya siksa kubur tersebut maka banyak doa yang dianjurkan rasulullah agar kita terhindari dari dasyatnya siksa kubur tersebut. Rasulullah SAW sendiri telah memberikan wasiat doa agar selamat dari siksa kubur kepada para umatnya. Berikut merupakan bacaan doa agar selamat dari siksa kubur:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ومن عذاب النار، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا الْمَمَاتِ وَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ
Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal
Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah Dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.”
Ada juga satu doa minta keselamatan dari siksa kubur yang digabungkan dengan doa minta kesehatan kepada Allah yang dibaca pagi dan petang. Doa itu adalah:
اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّیْ اَعُوْذُبِکَ مِنَ الْکُفْرِ وَالْفَقْرِ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّی اَعُوْذُ بِکَ مِنَ عَذَابِ الْقَبْرِ، لَا اِلَہَ اِلَّا اَنْتَ

Baca juga  Resep Jitu Alquran, Hadapi Setiap Masalah

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta. Allahumma inni a’ udzubika minal kufri wal faqri wa a’udzubika min ‘ adzabilqabri, laa ilaha illa anta..
Artinya:
Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan penglihatanku. Tiada Ilah (yang berhak diibadahi) kecuali engkau ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kekufuran dan kekafiran, Aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur (tiada Ilah yang berhak diibadahi) kecuali Engkau. (HR. Abu Dawud)

MENCARI SAFAAT
DARI SIKSA KUBUR
Bukti lain bahwa siksa kubur itu ada, adalah dianjurkannya kita banyak membaca dan mengamalkan Alquran karena Alquran menjadi teman kita selama di alam barzah /alam kubur sampai datangnya hari kiamat.
Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda:
مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ يَقُومُ بِهِ أَنَاءَ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ يُحِلُّ حَلَالَهُ وَيُحَرِّمُ حَرَامَهُ حَرَّمَ اللَّهُ لَحْمَهُ وَدَمَهُ عَلَى النَّارِ , وَجَعَلَهُ رَفِيقَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ حَتَّى إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ كَانَ الْقُرْآنُ لَهُ حُجَّةً (رواه الطبراني)

Baca juga  Resep Jitu Alquran, Hadapi Setiap Masalah

“Siapa yang membaca Al-Quran, dimana ia membacanya pada waktu shalat di tengah malam dan siang hari, ia menghalalkan halalnya dan mengharamkan haramnya, maka Allah haramkan daging dan darahnya terkena api neraka, dan akan menjadikannya teman pendamping para malaikat yang mulia dan baik sehingga datang Hari Kiamat nanti Al-Quran akan menjadi hujjah (pembela) untuknya.” (HR. Thabrani)
Luar biasa, dalam hadis di atas Alquran ternyata banyak memberi syafaat kepada kita mulai di dunia, alam barzah, hari kiamat sampai di alam akhirat kelak.
Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa azab kubur itu ada dan kita diperintahkan oleh Rasulullah untuk berdoa agar terhindar dari azab kubur serta berikhtiar dengan banyak membaca Alquran agar alam kubur kita ditemani malaikat yang mulia.
Semoga bermanfaat

Ahad 25 Juli 2021
Nur Cahya Hadi, Direktur majalahnurani.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed