by

Korsleting Listrik, Bangunan Bekas Puskesmas di Mojokerto Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di sebuah bangunan eks Puskesmas Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari Kota Mojokerto pada Jumat (6/8) sore. Diduga kuat kebakaran karena korsleting listrik. Bangunan dengan seluas lebar 20×6 meter itu dengan cepat dilalap api karena hembusan angin yang cukup kencang. Bangunan bekas Puskesmas tersebut berada di samping Kantor Garnisun Mojokerto.

Dikatakan, Mayor Inf Nanang Yudi S, Kasubgar Mojokerto, bangunan yang terbakar tersebut bukan kantor Garnisun, tapi bekas Puskesmas, dan bangunan ini miliknya pemkot Mojokerto. Hanya saja karena bangunan tersebut kosong, beberapa anggota Garnisun menggunakannya untuk tempat istirahat dan menyimpan baju-baju dinas.

“Hanya barang-barang anggota yang terbakar, termasuk baju-baju, untuk arsip-arsip tidak ada yang terbakar karena arsip ada di kantor kita sendiri, dan rencananya dari pemkot tahun ini juga kita akan dipindah ke daerah Bluto. Ini rencananya dijadikan Taman untuk icon kota Mojokerto.
Sementara belum bisa analisa masalah nilai kerugian materi karena ini baru selesai, nanti kalau sudah selesai kita tahu kerugiannya berapa,” ujarnya.

Ditambahkan Mayor Inf Nanang Yudi S, dulu bangun tersebut juga pernah terbakar, juga karena listrik.

“Saat kebakaran tidak ada anggota di dalam, sebagian anggota sedang patroli,” Katanya.

Sementara itu Camat Magersari, Modjari (52) mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.20 WIB dan sekitar dua jam kemudian api bisa dipadamkan.
“Ada lima mobil PMK yang memadamkan,” Katanya di lokasi.
Dijelaskanya lebih lanjut,
Bangunan tersebut awalnya merupakan aset Dinas Kesehatan Mojokerto, namun sudah dilimpahkan menjadi aset kecamatan Magersari mulai bulan Juli 2021.
“Jadi kronologinya saat kami melakukan Gladi resik persiapan kegiatan 17 agustua, kami melihat kepulan asap, kami dan staf langsung lari ke sini, kami sempat menyelamatkan beberapa motor, tapi beberapa lagi tidak bisa kami selamatkan,” Ujarnya yang kebetulan kantor kecamatan tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Untuk besaran kerugian materi masih dalam pendataan. Ym

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed