by

Jokowi: Kritik Membangun Sangat Penting

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa semua kritik yang membangun sangat penting dan sangat diperlukan.
“Saya menyadari adanya kepenatan, kejenuhan, kelelahan, kesedihan, dan kesusahan selama pandemi Covid-19 ini. Saya juga menyadari, begitu banyak kritikan kepada pemerintah, terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan. Kritik yang membangun itu sangat penting, dan selalu kita jawab dengan pemenuhan tanggung jawab, sebagaimana yang diharapkan rakyat,” papar Jokowi.
Presiden menilai adanya pandemi COVID-19 mengajarkan banyak hal. Salah satunya terkait pentingnya kesehatan yang menjadi agenda bersama.
“Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial kita,” jelas Jokowi dalam pidato kenegaraannya, Senin (16/8).
Dikatakan, saat ini kesadaran masyarakat terhadap kesehatan telah semakin tinggi. Gaya hidup sehat serta menjaga lingkungan juga disebut mulai terasa menjadi budaya.
“Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kesadaran baru. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terasa semakin membudaya. Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas,” kata Jokowi.
Ditambahkan, kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi.
Jokowi menilai, dalam menangani pandemi perlu adanya penyelesaian secara bersama-sama. Hal ini dilakukan dengan saling perduli dan saling berbagi.
“Penyelesaian pribadi tidak akan pernah menjadi solusi. Penyelesaian bersama menjadi satu-satunya cara. Dengan budaya yang selalu saling peduli dan saling berbagi, masalah yang berat ini bisa lebih mudah diselesaikan,” tuturnya. (01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed