by

Menjadi Manusia Terbaik

Bismillahirrahmanirrahim
Saudaraku, yang dicari dalam hidup itu bukan kekayaan, jabatan, apalagi kehormatan semata. Tetapi yang kita cari adalah ridho Allah. Karena Itu, setiap waktu kita selalu berdoa meminta ridho Allah dan surgaNya serta minta agar dijauhkan dari neraka dan murkanya Allah.
Sebaliknya, Allah menyeleksi hambaNya juga bukan karena kekayaannya, jabatan dan kehormatannya tetapi yang dicari Allah adalah hamba yang terbaik Amalannya. Sebagaimana firman Allah:
اۨلَّذِىۡ خَلَقَ الۡمَوۡتَ وَالۡحَيٰوةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ اَيُّكُمۡ اَحۡسَنُ عَمَلًا ؕ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡغَفُوۡرُۙ
“Yaitu dzat yang menciptakan mati dan hidup agar menguji kamu, siapa di antara kamu yang terbaik Amalannya. Dan Dia Maha bijaksana serta Maha pengampun.” (QS Al Mulk ayat 2)
Dari ayat di atas menunjukkan bahwa Allah sengaja menciptakan kehidupan dan kematian adalah dalam rangka menyeleksi siapa di antara kita yang terbaik. Kita diperintahkan untuk berkompetisi menjadi hamba Allah yang terbaik amalannya. Siapakah diantara kita yang terbaik? Berikut beberapa hadis yang menunjukan amalan apa yang bisa menjadikan kita menjadi manusia yang terbaik.

Baca juga  Kapolda Jatim Lakukan Pengecekan Vaksinasi di Gedung Sasana Praja Ponorogo

BELAJAR ALQURAN
Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits yang menyatakan bahwa manusia yang terbaik adalah orang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.
Rasulullah bersabda:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.”

PEMBERI MAKAN
Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda bahwa manusia terbaik adalah manusia yang suka memberi makan kepada sesamanya.
Rasulullah Bersabda:
خَيْرُكُمْ مَنْ أَطْعَمَ الطَّعَامَ
رواه أحمد
“Sebaiknya diantara kamu adalah orang yang suka memberi makan.” ( HR Ahmad)

PALING BERMANFAAT
Dalam sebuha hadis, Rasulullah bersabda bahwa manusia terbaik adalah manusia yang mampu mendatangkan manfaat bagi orang lain. Sebagaimana sabdanya:
خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR Ahmad, Ath-Thabrani)

TERBAIK BAYAR UTANG
Orang yang terbaik lainnya adalah orang yang paling baik dalam membayar utang. Kalau sudah berjanji dalam membayar utangnya, selalu ditepati. Sebagaimana sabda Rasulullah:
خَيْرُكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَاءً » متفق عليه
“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar utang.” (Muttafaqun ‘alaih)

Baca juga  Anak Usia 12 Tahun ke Bawah Boleh Masuk Mal, Wali Kota Surabaya Ingatkan Tetap Jaga Prokes

DIHARAP KEBAIKANNYA
Orang terbaik lainnya menurut Rasulullah adalah orang bisa diharapkan kebaikannya oleh orang lain.
Sebagaimana sabda Rasulullah:
خَيْرُكُمْ مَنْ يُرْجَى خَيْرُهُ وَيُؤْمَنُ شَرُّهُ 
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang bisa diharapkan kebaikannya dan tidak ditakutkan kejahatannya.” (HR Bukhari)

BAIK PADA KELUARGA
Orang terbaik lainnya adalah orang yang berbuat baik kepada keluarganya. Dan Rasulullah menyontohkan beliau sebagai orang yang paling baik kepada keluarganya. Sebagaimana sabdanya:
خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى. رواه الترمذى
 “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR Tirmidzi)

BAIK AMALANNYA
Manusia terbaik lainnya menurut Rasulullah adalah orang yang bertambah usia dan semakin bertambah baik amalannya. Sebagaimana sabdanya:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ رضي الله عنه أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ خَيْرُ النَّاسِ قَالَ «مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ» رواه الترمذى
Artinya: “Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa ada seorang Arab Badui berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia?” beliau menjawab: “Siapa yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.” (HR Tirmidzi)

Baca juga  Soal Desakan Cabut Laporan Kepolisian, ini Sikap Kejari Kabupaten Mojokerto

MENGAJAK KEBAIKAN
Manusia terbaik menurut Alquran adalah manusia yang senantiasa mengajak kepada kebaikan dan mencegah pada perbuatan maksiat atau kemungkaran.
Sebagaimana Firman Allah dalam Alquran:
كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ
“Kamu adalah umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah.” (QS Ali Imran ayat 110)

Demikian kreteria manusia terbaik berdasarkan Alquran dan sabda Rasulullah, semoga kita diberi kemudahan agar bisa melaksanakan.
Semoga bermanfaat.

Senin 23 Agustus 2021
Nur Cahya Hadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed