Survey SSC, Masyarakat Jawa Timur Puas Kinerja Jokowi – Ma’ruf Amin

Hingga 2024 mendatang, masa jabatan kepemimpinan pasangan Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) tidak lama lagi. Kepuasan terhadap kinerja pasangan ini masih sangat tinggi di hati masyarakat Jatim. Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan sebanyak 80.9% masyarakat yang menjadi responden survei menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi, sementara 63.3% responden menyatakan puas terhadap kinerja Wapres Ma’ruf Amin.

Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan dari keseluruhan responden hanya 3.8% yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, serta 13.3% menyatakan kurang puas dan sisanya yang 2% menyatakan tidak tahu/tidak menjawab. Sementara, responden yang kurang puas terhadap kinerja Ma’ruf menunjukkan angka 26.8% dan 7.5% dari mereka menyatakan tidak puas. Sisanya, 2.4% responden menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

“Angka ini stabil dan cenderung meningkat untuk kepuasan kinerja Jokowi Ma’rif. Meski demikian, masyarakat lebih puas dengan kinerja Jokowi dibandingkan Ma’ruf. Hal ini tentu saja tidak dapat dipungkiri menjadi indikasi kuat dalam persepsi masyarakat Jatim bahwa Presiden jokowi dianggap berhasil memimpin Indonesia selama hampir 2 periode masa kepemimpinannya, baik sebagai kepala negara maupun sebagai kepala pemerintahan,” jelasnya kepada majalahnurani.com, Kamis (10/8).

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan fakta ini menunjukkan bahawa masyarakat masih mempercayai duet Jokowi-Ma’ruf Amin sejauh ini. “Terkait kepuasan kinerja, Tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi terhadap kinerja Presiden dan Wapres ini menunjukkan bahwa duet kepemimpinan nasional ini, dalam persepsi masyarakat mampu menjalankan agenda dan menyelesaikan berbagai masalah pembangunan yang muncul serta masih dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Indonesia hingga purna masa tugas pada tahun 2024 mendatang,” ujar Ikhsan.

Sebagai informasi, SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007. Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli – 03 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (Bg)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed