Ganjar Puncaki Bursa Pilpres di Jatim

Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang, atmosfir mengenai nama-nama Calon Presiden (Capres) makin santer di masyarakat. Dari nama-nama populer yang telah mendeklarasikan diri sebagai Capres, nama Ganjar Pranowo melejit dan secara elektabilitas berhasil meraih hati masyarakat Jawa Timur. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memuncaki perolehan dengan 41.5%, jika pilpres hanya diikuti oleh 3 capres, yakni Ganjar Pranowo sendiri, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Ikhsan Rosidi berdasarkan hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya. “Di Jawa Timur, Ganjar memang masih kuat elektabilitasnya, bila pemilihan presiden 2024 hanya diikuti oleh 3 kandidat presiden, bersama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan,” kata Ikhsan.

Baca juga  Penyusunan Kabinet, Dilakukan Pasca Sidang MK

Berdasar hasil survei, perolehan elektabilitas Ganjar memimpin dibandingkan dengan dua nama lainnya, yakni Prabowo Subianto dengan perolehan 37.8%, serta Anies Baswedan, yang memeroleh angka elektabiltas 17.3%. “Yang menarik adalah, meskipun memimpin, angka elektabilitas Ganjar terpaut tidak terlalu jauh dengan Prabowo Subiyanto yang berada di urutan kedua, sehingga hasil ini dapat menjadi semacam alarm bagi Ganjar bahwa performa elektoral di Jatim masih perlu untuk dikuatkan ke depannya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007. Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli – 03 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (Bg)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed