Merdeka! Putri Bung Tomo dan Siswa Asing Ikuti Upacara Kemerdekaan di Smamda

Merdeka! Merdeka! Merdeka! Gemuruh pekik merdeka ini terdengar menggema ketika upacara hari kemerdekaan Indonesia di SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya pada Kamis (17/8). Spesialnya lagi, upacara ini dihadiri drg Sri Sulistami, putri pahlawan nasional Indonesia, Sutomo atau yang mahsyur disebut Bung Tomo.

“Merdeka!!!” pekik Sri disambut seluruh siswa Smamda Surabaya. “Alhamdulillah saya bisa kumpul dengan siswa Smamda. Semangatnya luar biasa. Saya yakin mereka punya semangat berjuang seperti Bung Tomo,” ungkap Sri.

Sri pun mengajak siswa Smamda senantiasa mencintai Bangsa Indonesia. Seperti halnya tidak anti politik tapi jangan sampai jadi korban politik. Sebab masa depan Bangsa Indonesia ada di tangan siswa Smamda. “Ayo kita arahkan mereka mencintai Bangsa Indonesia. Semangat harus kita tularkan ke mereka. Misalnya semangat membaca. Seperti bapak saya dulu, itu suka membaca koran, kemudian membaca buku sejarah. Kita arahkan siswa Smamda juga suka membaca buku sejarah. Karena ini untuk membangkitkan semangat cinta Tanah Air,” pesan Sri.

Baca juga  Ketersediaan Bahan Pangan di Surabaya Aman hingga Hari Raya Idul Fitri

Istimewanya lagi upacara kemerdekaan ini juga diikuti siswa asing yang belajar di Smamda. Mereka adalah Luka Hannula dari Finlandia, Gavin Shumacher dari Amerika  dan Emelie Knaack dari Jerman. Kepala Smamda Surabaya Astajab MM mengakui bahwa upacara peringatan kemerdekaan untuk memotivasis siwa akan kecintaanya terhadap Bangsa Indonesia. “Sehingga siswa senantiasa belajar dan terus belajar,” ungkapnya.

Soal siswa asing, Astajab menjelaskan bahwa minggu-minggu ini Smamda memang kedatangan siswa asing. Menurutnya ini merupakan program kerjasama Smamda dengan PWM Jatim dan KJRI. “Ada 2 siswa Malaysia, kemudian 2 siswa, Finlandia dan 1 siswa Jerman. Masing-masing nanti ada yang belajar satu sampai tiga tahun di Smamda,” kata Astajab. (Ra, foto-foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed