Unair Kukuhkan 12 Guru Besar Baru, Prof Nasih: Kontribusi Nyata untuk Bangsa

Universitas Airlangga (Unair) mengukuhkan 12 Guru Besar (Gubes) pada periode 5-7 September 2023. Ini disampaikan Rektor Unair Prof M Nasih saat menggelar konferensi pers pra pengukuhan Gubes di ruang rapat pleno lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus C Unair, Senin (4/9). Dari 12 Gubes tersebut, empat orang berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi, empat dari kedokteran, satu orang dari ekonomi, satu orang dari farmasi, satu orang dari hukum dan satu orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“SK-nya sudah pada turun. Alhamdulillah ini merupakan bahan bakar baru, energi baru tambahan bagi kami di Unair untuk bisa berkontribusi lebih nyata lagi ke bangsa dan negara,” ungkap Prof Nasih diwawancarai majalahnurani.com.

Baca juga  Unesa Beri Pelatihan Konten Kreatif di Desa Rejuno, Wujudkan Indonesia Harmoni

Siang itu 12 gubes masing-masing menyampaikan secara singkat ringkasan orasinya. Prof Nasih berharap, pengukuhan gubes tersebut akan cukup signifikan memberikan  kontribusi ke bangsa. Melalui hasil-hasil penelitian gubes baru yang tidak hanya diidedikasikan, tetapi juga bisa didorong dan dikembangkan menjadi prototype. “Kemudian bisa dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Dari orasi singkat para gubes, Prof Nasih yakin hasil penelitian nantinya akan memberikan solusi dan manfaat ke masyarakat. “Jadi kami sangat senang karena banyak sekali energi baru yang kami dapatkan dalam bentuk jabatan tertinggi sebagai gubes,” ungkap Prof Nasih.

Dari pengukuhan ini, tercatat sudah ada sekitar 300 gubes Unair. Diketahui bahwa tenaga akademik di Unair sebanyak 60 persen bergelar doktor. Diharapkan nantinya para doktor ini juga bisa menjadi gubes Unair. “Insya Allah ini kekuatan yang sangat luar biasa bagi kami di Unair bisa bermanfaat dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih bagus,” tegasnya. (Ra, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed