Polsuska Daop 8 Surabaya Juara Umum Ajang Railway Police Award 2023

Sebanyak 50 perwakilan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dari seluruh wilayah kerja PT. KAI (Persero), yaitu 9 Daerah Operasi di Pulau Jawa dan 4 Divisi Regional di Sumatera mengikuti ajang Railway Police Award (RPA) 2023 yang diselenggarakan di kantor KAI Daop 8 Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai Rabu (6/9) hingga jumat (8/9).

Para petugas Polsuska akan mengikuti kompetisi dalam kegiatan RPA 2023 yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Kategori Pengamanan Jalur KA, Kategori Pengelolaan Lost and Found, dan Kategori Pengamanan Operasi KA. Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan jika acara Railway Police Award 2023 ini merupakan sebuah ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan baik secara teori maupun praktek bagi petugas Polsuska, selain itu juga sebagai sarana berbagi pengalaman selama bertugas dari masing-masing wilayah kerja KAI.

Baca juga  Pemkot Surabaya Gelar Pelatihan Kewirausahaan Gratis untuk Perempuan

Setiap daerah memiliki karakter masyarakat, budaya yang berbeda, dan cara menangani masalah yang berbeda. Ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan permasalahan dan solusi penyelesaiannya. “Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya dan berganti tempat penyelenggaranya,” tambah Luqman Arif.

Selain mempertontonkan kemampuan beladiri karate secara perorangan maupun beladiri karate secara beregu, seluruh peserta juga diharuskan mempresentasikan kemampuan pemahaman pengetahuan Standard Operasional Prosedure (SOP) saat berdinas. Kemampuan cara penyampaian dan pemahaman aturan ini penting, karena Polsuska merupakan bagian dari frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, masyarakat, para tokoh masyarakat, hingga pejabat di tingkat kewilayahan.

Sementara itu, kompetisi beladiri juga dihadirkan sebagai bentuk apabila petugas dihadapkan pada situasi yang membutuhkan tindakan represif, seperti berhadapan pelaku kriminal diatas KA, di stasiun, maupun di jalur KA, yang membutuhkan kemampuan beladiri yang mumpuni.Dalam kegiatan Railway Police Award 2023, KAI menghadirkan dewan juri profesional dibidangnya yang akan melakukan penilaian para peserta.

Baca juga  Pemkot Surabaya Sosialisasikan Pajak Air Tanah Kepada Pengusaha

Dimulai dari juri internal KAI, dan dari Dewan Guru INKAI Ir. Wahyudi, serta perwakilan Pengurus Pusat INKAI. Secara penjurian, juara umum pada kegiatan Railway Police Award 2023 ini, diraih oleh Daop 8 Surabaya . “Railway Police Award 2023 dilaksanakan tidak lain untuk membangun moril dan mental petugas Polsuska sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan KAI,” pungkas Luqman Arif. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed