Porprov VIII Jatim Tuntas, Kota Surabaya Juara Umum

Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur tahun 2023 sudah tuntas. Closing Ceremony atau penutupan porprov digelar di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) malam.

Pelaksanaan penutupan Porprov tersebut berlangsung sangat meriah. Ribuan masyarakat Kabupaten Mojokerto sudah memenuhi Stadion Gajah Mada sejak sore hari. Pada malam harinya digelar tarian kolosal Sahyang Kalaning Majapahit yang mengangkat sejarah kejayaan Majapahit, Dilanjut kesenian ujung dan bantengan. Kemudian penampilan artis ibu kota Dudy Oris mantan vokalis Yovie n Nuno dan Kangen Band, serta pesta kembang api membuat suasana menjadi lebih meriah.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur, Adhy Karyono, secara resmi menutup gelaran Porprov yang digelar 9-16 September 2023 di empat kabupaten/Kota, yakni Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Jombang.

Baca juga  Siswi SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo Sabet Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris

Sekdaprov Adhy Karyono mengungkapkan rasa bangganya atas kesuksesan penyelenggaraan Porprov VIII 2023. Tak hanya sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi yang dibuktikan dengan 85 pemecahan rekor.

“Acara ini sangat sukses, ditandai dengan prestasi yang semakin tinggi karena terdapat 85 pecah rekor. Ini pertanda bahwa kita ada peningkatan,” ungkap Adhy.

Bukan hanya itu, menurutnya Porprov sukses memberikan berkah terhadap masyarakat sekitar yang memberikan dampak peningkatan ekonomi. Seperti contoh di Kabupaten Mojokerto yang sementara tercatat terjadi perputaran ekonomi sebesar Rp14 miliar.

“Dampak penyelenggaraan porprov tidak hanya diukur prestasi tapi juga dampak ekonominya. Tadi ada Rp14 miliar ini sesuai kebijakan kami gimana sport industri, sport tourism yang memberikan dampak dari event olahraga,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M Nabil menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Jatim dan semua pihak terlibat, khususnya tuan rumah yang menyukseskan multievent dua tahunan ini,
Apresiasi tinggi juga disampaikan kepada seluruh kabupaten kota yang melakukan pembinaan. Ia merasa bangga Porprov kali ini ada peningkatan prestasi yang luar biasa.

Baca juga  Kunjungi Desa Jumeneng, Bupati Mojokerto Ajak Warga Cegah Stunting

“Ada sejarah baru dalam Porprov yang membanggakan bagi Jatim, tidak tanggung tanggung ada 85 pecah rekor yang dilakukan Atlet Jatim. Ini modal bagi kami untuk pembinaan di PON berikutnya sudah ada atlet prestasi luar biasa,” ujar Nabil.

Pada kesempatan itu Nabil juga memberikan selamat kepada Kota Surabaya yang menjadi juara umum dengan 163 emas, 125 perak, 110 perunggu.

“Selamat kepada Surabaya yang menjadi juara umum di Porprov VIII tahun 2023,” ucap M. Nabil.

Di posisi kedua ada Sidoarjo. Namun peroleh medali sangat jauh, yakni dengan 97 emas, 90 perak, dan 112 perunggu. Sementara itu Kota Malang menempati posisi ketiga dengan 74 emas, 52 perak, dan 80 perunggu.

Baca juga  Operasi Pasar 3 Hari dalam Sepekan, Pemkot Mojokerto Berharap Harga Beras Stabil

Sedangkan di peringkat kempat ada Kota Kediri dengan perolehan 56 emas, 37 perak, dan 56 perunggu. Lalu di ranking kelima ada Kabupaten Malang dengan 38 emas, 42 perak, dan 38 perunggu.

Menurut Nabil, selanjutnya, sesuai keputusan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah ditetapkan event Porprov Jatim IX 2025 akan diselenggarakan di Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed