Wisata Kalimas Peneleh Diresmikan, Yuk Kunjungi! Dihibur Musik Jazz

Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) Muslimin Anwar dan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menggelar Kick Off Wisata Kalimas Peneleh, Sabtu (16/9) malam. Selain itu, juga diluncurkan musik Sparkling Kalimas Jazz sepanjang Kalimas. Indah Kurnia menegaskan Wisata Kalimas Riverside saatnya jadi primadona. Menurutnya Kawasan Kampung Peneleh Surabaya sarat nilai sejarah perjuangan bangsa.  “Kampung kelahiran Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama RI  Soekarno,” ungkapnya kepada majalahnurani.com.

Diharapkan nantinya kampung wisata sepanjang Kalimas jadi jujugan pelancong lokal maupun internasional. Bahkan, penumpang kapal pesiar yang bersandar di North Quay Tanjung Perak bisa mampir di wisata ini. “Jadi Sparkling Kalimas Jazz juga memeriahkan. Kita bersama Bank Indonesia Jatim Kick Off Wisata Kalimas ini dengan digitalisasi,” lanjut Indah Kurnia.

Baca juga  KPPU Awasi Perkembangan Penyaluran Student Loan

Harapannya, di tiap wisata juga serentak menerapkan pembayaran digital. Seperti malam itu, UMKM yang berjualan dibekali teknologi QRIS dalam bertransaksi. Bisa Livin Mandiri atau pembayaran lain. “Itu indahnya digitalisasi. Kolaborasi dengan wisata, UMKM dan yang pasti berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya Pemkot Surabaya,” jelasnya.

Indah optimis, Wisata Kalimas Riverside mendorong kebangkitan ekonomi.  Kampung Wisata Peneleh menjadi pemicu bagi kampung potensial lain untuk berbenah. Karena di Surabaya banyak perkampungan memiliki nilai-nilai sejarah. Dijelaskan, Jatim merupakan kontributor ekonomi nomor dua terbesar setelah Jakarta. Jika Ibu Kota Negara (IKN) pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, maka Jatim berpotensi menggeser posisi Jakarta sebagai penyumbang perekonomian terbesar.

Baca juga  KAI Daop 8 Surabaya Bersihkan Lintasan Jelang Masa Angkutan Lebaran

“Berarti DKI sudah tidak lagi menjadi ibu kota. Otomatis yang namanya potensi ekonomi sebagian akan berkurang, berarti Jatim potensi melampaui DKI tanpa sebagai ibu kota. Itu sudah pasti,” tegas Indah Kurnia.

Sementara Muslimin Anwar mengaku siap mendorong ekonomi Jatim menjadi nomor satu. Seperti halnya BI Jatim berupaya mengangkat kampung wisata Peneleh dan di daerah lainnya. “Kita juga dorong pembayaran sistem digital di semua kawasan wisata Jatim,” pungkas Muslimin. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed