Pahala Insani Maslahat, Upaya BI Jatim Kuatkan  Ekonomi Syariah

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Doddy Zulverdi menyampaikan tiga upaya penguatan sinergi dalam mendukung pengembangan ekonomi syariah di Jawa. Tiga upaya itu yakni Pahala, Insani dan Maslahat. Ini disampaikan Doddy saat membuka Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2023  pada Jumat (29/9) di Pakuwon Mal Surabaya.

Yang pertama yakni Pahala atau Penguatan Rantai Nilai Produk Halal. Menurut Doddy ini  akan mendorong sinergi perkuatan ekosistem rantai nilai produk halal di Jawa. “Melalui  sertifikasi halal, pengembangan Zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, dan Sehat), dan pengembangan Toko Bahan Baku (Tobaku) Halal,” ungkapnya. Kemudian Insani atau Inklusivitas Ekonomi melalui Digitalisasi yang berfokus pada pengembangan fitur Muslim-Friendly Tourism (landing page) di dalam platform pemasaran digital. Serta digitalisasi pembayaran zona KHAS se-Jawa.

Terakhir Maslahat atau optimalisasi ZISWAF untuk kesejahteraan umat yang diimplementasikan melalui pengembangan ekonomi dan lengembangan ekonomi bisnis pesantren melalui optimalisasi sana ZISWAF. Lelang wakaf produktif; serta pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi nadzir di Jawa. “Kita harapkan Fesyar 2023 ini menjadi motor akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat regional. Sehingga mampu menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.  

Gubernur Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub) Emil Elistianto Dardak, turut menekankan pentingnya strategi untuk memotivasi pengembangan eksyar di wilayah Jawa. Diakuinya perlu meningkatkan complience (sertifikasi halal) sebagai ikhtiyar untuk meningkatkan berkah sebuah usaha, dan pentingnya membangun ekonomi keumatan melalui pelaku ekonomi di sektor pesantren. “Kita dorong para pelaku usaha untuk terus berupaya bersaing di kancah global,” tegasnya. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed