SMP Al Muslim Gelar Talkshow Kesehatan Mata

Program SMP Al Muslim yang rutin dilaksanakan setiap bulan adalah kegiatan Healthy Day. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan bertanggung jawab atas kesehatan sendiri serta orang lain. Hal ini sesuai salah satu six profile yang dikembangkan oleh sekolah yaitu pada profil Living Healthy and Green. Healthy day bulan Oktober ini bertepatan dengan Hari Penglihatan Sedunia dengan tema “Love Your Eyes”.

SMP Al Muslim mengadakan kegiatan healthy day dengan melakukan talk show dengan dokter spesialis mata yaitu dr Uyik Unari SpM (K). Kegiatan dimulai dengan survei kesehatan mata melalui google form yang disebar kepada peserta didik. Survei digunakan untuk mengetahui kondisi awal dan permasalahan yang dialami oleh peserta didik.

Baca juga  Keseruan Meet And Greet Sekolah Karakter, Hadirkan Pembicara Asal Belanda

“Dengan diadakan talk show tentang kesehatan mata seperti ini, sekolah memiliki upaya untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang bagaimana cara menjaga mata dengan baik pada penggunaan gawai dan dampak akibat menggunakan gawai secara berlebih. Harapannya peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mengajak orang di sekitarnya untuk menjaga kesehatan mata,” kata Ustazah Nurun Nisa’ul I. selaku ketua panitia, Kamis (12/10).

Talk show dilaksanakan pada Kamis, 12 Oktober 2023 pada pukul 08.00 s.d. 09.30 WIB di aula SMP Al Muslim. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa SMP Al Muslim dari kelas VII hingga IX. Kepanitiaan dalam kegiatan ini melibatkan peserta didik dari kelas IX Utsman bin Affan. Kegiatan dimulai dengan pra acara senam oleh empat anak dari kelas tersebut. Kemudian moderator talk show dalam kegiatan ini adalah Rania Zalfa Putri A.

Baca juga  Cerita Afra Lulusan Unair, Buka Klinik Gigi untuk Anak Kurang Mampu

Moderator menyampaikan beberapa pertanyaan yang telah disusun terkait sejarah hari penglihatan sedunia, pandangan dokter spesialis mata terkait penggunaan gawai sedari kecil atau setiap hari dalam segala aktivitas, dampak dari penggunaan gawai tersebut, dan tips untuk menjaga mata agar tetap sehat. Peserta didik antusias dalam kegiatan talk show dengan aktif melakukan tanya jawab juga kepada narasumber.

“Kegiatan talk show tentang kesehatan mata sangat penting untuk kita. Kita sebagai pelajar harus lebih menjaga kesehatan mata dengan menerapkan tips yang disarankan oleh dokter agar terhindar dari dampak yang mengakibatkan gangguan pada mata,” kata Rania Zalfa sebagai peserta didik SMP Al Muslim.

Dengan memperingati Hari Penglihatan Sedunia, kita turut memperhatikan dan menjaga kesehatan mata. Sebab mata yang merupakan salah satu panca indera. “Maka dari itu, Yuk kita jaga mata dengan baik secara bersama-sama,” tegasnya. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed