SD Al Falah Surabaya Gelar Aksi Peduli Palestina di Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan di SD Al Falah Surabaya begitu haru. Pasalnya, siswa SD Al Falah menyuarakan dukungan kemerdekaan untuk Palestina. Bahkan, SD Al Falah menggalang donasi untuk Palestina. Pagi itu, Jumat (10/11) peringatan Hari Pahlawan diawali dengan upacara yang diikuti seluruh siswa dan guru di halaman SD Al Falah Suranaya. Kemudian ratusan siswa menggelar aksi peduli Palestina dengan pawai berjalan membawa bendera Indonesia dan Palestina serta berbagai poster bertuliskan “Save Palestina”.

Ahmad, siswa SD Al Falah nampak bersemangat  melambaikan tinggi-tinggi bendera Indonesia dan Palestina. Dia tahu bahwa sekolahnya mendukung kemerdekaan Palestina. Bahkan Ahmad sendiri rela menyisihkan uang sakunya untuk didonasikan ke Palestina. “Atuna Tufuli.., Atuna Tufuli,” teriak Ahmad melantunkan lagu tersebut.

Baca juga  Siswi SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo Sabet Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris

Kepala SD Al Falah Surabaya Ustazah Yuni Wakhidah mengaku, pihaknya mengusung tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan. Menurutnya memperingati Hari Pahlawan merupakan kewajiban sebagai warga negara. “Bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Meski apa yang kami lakukan ini tidak sebanding dengan upaya para Pahlawan, dalam memerdekan bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan pagi itu untuk menumbuh rasa rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme dalam diri anak-anak. Timbul cinta tanah air. “Maka saat mereka tumbuh dewasa dan menempuh pendidikan atau berkarir di luar negeri. Hati mereka tetap Indonesia dan memiliki cita-cita membangun Indonesia,” sambungnya.

Baca juga  Lembaga Pendidikan Al Falah Surabaya Pameran IEF 2024, Kenalkan Gedung Baru ke Pengunjung

Soal dukungan ke Palestina, Ustazah Yuni menjelaskan, kegiatan ini sebagai salah satu implementasi dari isi pembukaan UUD 1945, dimana penjajahan harus dihapuskan dari dunia. Dia berharap anak-anak memiliki rasa empati dan solidaritas, atas penderitaan saudaranya di Palestina, ditindas  bangsa lain.  “Palestina merupakan negara pertama yang memberikan dukungan atas kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945,” tegasnya.

Bagi SD Al Falah Surabaya, banyak hal yang bisa dijadikan alasan bagi kita, untuk prihatin dan peduli, atas nasib buruk yang diderita saudara-saudara kita di Palestina. “Kami juga menggalang dana dalam seminggu terakhir ini. Dana ini dihimpun dari donasi para orang tua siswa, para guru & karyawan, serta infaq harian para siswa. Semuanya kami salurkan lewat Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF),” urainya. Aksi peduli Palestina juga diwarnai dengan pembagian buah semangka yang dilakukan siswa ke jamaah sholat Jumat Masjid Al Falah sebagai pesan perdamaian. (Ra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed