Pakai QRIS, Tiket Kebun Binatang Surabaya Cuma 78 Rupiah

Kabar baik bagi warga  yang ingin liburan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Pasalnya bagi pengunjung yang membeli tiket masuk pakai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) cuma membayar Rp. 78. Promo QRIS ini berlaku tiga hari. Mulai 17-19 November 2023. Pembelian ini bisa untuk semua layanan pembayaran digital dari perbankan dengan QRIS. Promo ini dalam rangka Sosialisasi JARE (Jatim QRIS Adventure and Experience) di KBS Jumat (17/11). Selain itu, promo QRIS Rp 78 juga dalam suasana merayakan ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Pagi itu sosialisasi JARE diresmikan langsung Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (KPw BI Jatim) Bandoe Widiarto, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Regional IV Nasirwan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji, Regional CEO BRI Setyarta serta Dirut PD Taman Satwa KBS Chairul Anwar.

Baca juga  Arus Balik Lebaran, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Layani 390 Ribu Penumpang

Bandoe menuturkan, tujuan JARE meningkatkan dan mendorong transaksi digitalisasi. Dijelaskan bahwa ekonomi keuangan digital saat ini berkembang pesat. BI sendiri menargetkan ada 45 juta pengguna QRIS tahun ini. “Sementara September 2023,  sudah 42 juta pengguna,” ungkap Bandoe. BI juga mendorong elektronifikasi transportasi, elektronifikasi bank sosial dan transaksi digital di Pemda. “Kita juga sama-sama mendorong digitalisasi pembayaran untuk destinasi wisata. Seperti pembayaran dengan QRIS di KBS,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Choirul Anwar mengakui bahwa QRIS ini kebutuhan yang tak terelakkan dalam perkembangannya. “Cashless sekarang meningkat. Memang awalnya susah, tapi kita terus mengedukasi masyarakat dan sekarang presentasinya meningkat. Sudah 60 persen penjualan tiket KBS lewat QRIS. Kita tingkatkan lagi jumlah pengunjung yang beli tiket dengan QRIS melalui promo ini,” urainya.

Baca juga  Arus Balik Lebaran, Lonjakan Penumpang Kereta Api di Stasiun Mojokerto Sebesar 5 Persen

Sementara Setyarta terus mendorong warga Jatim bertransaksi dengan QRIS. Menurutnya BRI tengah mengefektifkan kegiatan transaksi di tempat wisata seperti KBS. Harapannya, efektif dan pertumbuhan ekonomi juga meningkat. “Kita siap kolaborasi dengan BI. Bermanfaat untuk KBS semakin hebat. Meningkatkan pembayaran QRIS di tempat wisata,” sambungnya.

Demikian juga disampaikan Nasirwan. Menurutnya, pembayaran dengan QRIS ini sudah menjadi concern program nasional. “Di OJK juga terus melakukan edukasi konsumen mengenai kegiatan digitalisasi ini. Mendorong semua sektor terlibat dalam pembayaran digital,” tegasnya. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed