PDIP Siapkan Tiga Nama Menteri Maju Pilkada Jatim

Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku menyiapkan tiga nama menterinya di pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yakni Mensos Tri Rismaharini, Menpan-RB Azwar Anas dan Menseskab Pramono Anung untuk maju di Pilkada Jawa Timur 2024.

“Misalnya dari kalangan menteri ada Ibu Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung ini laris manis ada yang ngusung di Jakarta ada yang usulkan di Jawa Timur,” kata Hasto dalam keterangan pers Sabtu (29/6).

Tak hanya level menteri, Hasto turut menyiapkan para kadernya yang menjadi kepala daerah petahana untuk maju di Pilkada Jatim. Di antaranya Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hingga Bupati Trenggalek Nur Arifin hingga Bupati Sumenep Nur Fauzi untuk Pilgub Jatim.

Baca juga  PKS Akhirnya Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jawa Timur

Ia mengatakan kini PDIP masih melakukan upaya kerja sama dengan parpol lain di Jatim seperti PKB dan Gerindra.

Meski begitu, kata Hasto, keputusan sosok calon yang bakal diusung PDIP akan diumumkan di saat yang tepat.

“Ini proses yang sangat dinamis. Sehingga partai terus mendorong kader-kader internal partai untuk maju,” kata dia.

Di sisi lain, Hasto memastikan PDIP tetap mengusung pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pilwalkot Surabaya 2024.

“Karena PDIP ini enak kalau bekerja sama tidak neko-neko jadi banyak pasangan yang tetap, karena nyaman bekerja sama dengan PDIP,” kata dia.

PDIP sendiri memiliki 21 kursi di DPRD Jawa Timur hasil Pemilu 2024. Artinya, PDIP belum bisa mengusung kandidat gubernur sendiri dan perlu koalisi dengan partai lain di Pilkada Jatim. (Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed