Isi Libur Sekolah, Siswa SD di Kota Mojokerto Dilatih Belajar Animasi

Musim liburan sekolah dimanfaatkan Dinas Kominfo Kota Mojokerto dengan menggelar pelatihan membuat animasi untuk siswa Sekolah Dasar (SD) melalui program Holiday Creativity.

Seperti yang terlihat di Kantor Dinas Kominfo Kota Mojokerto, Rabu (3/7/2024) siang. Puluhan siswa SD tampak serius diperkenalkan cara membuat animasi sederhana bersama Siti Pinter (Sinau Teknologi Informasi Program Telecenter.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menggali kreativitas sejak dini juga untuk meningkatkan literasi digital.

“Literasi digital itu tidak hanya tahu bagaimana menggunakan tapi bagaimana cara membuat. Dan animasi ini tentu sudah dikenal oleh anak-anak,” tuturnya, Rabu (3/7/2024).

Baca juga  Institut Leimena Gandeng Unusa Kembangkan Literasi Keagamaan Lintas Budaya

Dalam Holiday Creativity yang digelar pada 2-3 Juli 2024, 20 siswa kelas 4, 5 dan 6 dari berbagai sekolah dasar di Kota Mojokerto ini mendapatkan materi tentang membuat alur cerita pada hari pertama pertama pelatihan.

Hari kedua semakin seru dengan praktik secara langsung bagaimana membuat animasi dengan program Canva berdasarkan alur cerita yang telah dibuat sebelumnya.

Menurut Kenzo, murid dari SDN Balongsari menceritakan membuat animasi bersama Siti Pinter merupakan pengalaman pertamanya.

“Ini pertama kali belajar animasi, ada yang agak sulit, tapi juga ada mudah,” ceritanya.

Lain halnya dengan Java, ia cukup lancar menggunakan fitur dalam program canva seperti menambahkan buble chat yang menceritakan alur cerita maupun menambahkan fitur agar objek dalam gambar bisa bergerak.

Baca juga  Angkat Tema Lingkungan dan Bahagia Belajar, MPLS Smasyimduta YPM Diikuti Ratusan Peserta Didik Baru

“Dulu sudah pernah belajar bikin animasi di sini juga, tapi sama teman-teman sekolah, jadi sudah agak bisa,” katanya.

Selain memberikan pelatihan membuat animasi sederhana, program Holiday Creativity Siti Pinter juga akan memberikan pelatihan singkat untuk menjadi jurnalis cilik yang akan digelar pekan depan. (Ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed