Pemkot Surabaya-ShopToko pedia Gelar Pelatihan Creator Lab

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, bersama ShopTokopedia dan Surabaya Next Leader (SNL), menggelar pelatihan, untuk kreator muda Kota Surabaya, di Jalan Cimanuk No.27, Selasa (9/7). Pelatihan bertajuk ‘Creator Lab’ ini, bertujuan, untuk mengembangkan skil kreator muda Surabaya, dalam memasarkan produk UMKM.

Pelatihan kreator muda ini, dibuka secara langsung, oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan. Dalam kesempatan ini, Ikhsan mengatakan, pelatihan yang digelar selama dua hari ini, tidak hanya dihadiri oleh kreator muda saja. Akan tetapi, juga diikuti oleh pelaku UMKM binaan Pemkot Surabaya.

“Nah, nanti mereka bisa menjadi affiliator, kemudian nanti mereka bisa, ikut memasarkan produk-produk UMKM Surabaya. Selain dilatih menjadi kreator yang handal, kami juga meminta, agar mereka tidak asal dalam penyampaiannya tidak sesuai itu (produk),” kata Ikhsan.

Agar penyampaian produk tersebut UMKM tersebut sesuai, pemkot melalui Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, juga ikut melakukan pendampingan terhadap kreator-kreator muda tersebut. “Kita siapkan dahulu produk UMKM-nya, packagingnya, dan segala macamnya sudah bagus, baru nanti dibantu, oleh teman-teman kita yang kita latih hari ini, untuk kemudian bisa memasarkan produk-produk UMKM tadi,” ujarnya.

Baca juga  East Java Investment Dialogue 2024, Upaya BI Jatim Tarik Investor

Iksan menyampaikan, pelatihan kreator muda kali ini, diikuti oleh 80 orang peserta. Nantinya, setelah pelatihan ini selesai, pemkot, akan melakukan evaluasi untuk dilakukan pengambangan lebih lanjut.

Mantan Inspektur Kota Surabaya itu berharap, para pelaku UMKM Surabaya nantinya, dapat mempromosikan produknya secara luas, melalui media sosial, atau platform jual beli lainnya. Selain itu, ia juga berharap, para kreator muda yang hari dilatih, bisa meningkatkan industri kreatif di Kota Surabaya.

“Dengan banyaknya penjualan, mereka juga akan mendapatkan penghasilan dari komisi dan mendapatkan penghasilan. Jadi mereka juga akan menjadi pengusaha baru yang mandiri, yang tidak bergantung mencari pekerjaan,” harapnya.

Selain itu, ia menambahkan, adanya pelatihan ini, akan memberikan dampak baik, bagi pertumbuhan ekonomi, di Kota Surabaya. “Sehingga roda perekonomiannya akan berputar, dan berdampak baik,” tambahnya.

Baca juga  East Java Investment Dialogue 2024, Upaya BI Jatim Tarik Investor

Di samping itu, Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia dan ShopTokopedia, Hilmi Adrianto mengatakan, ‘Creator Lab’ ini diluncurkan di Surabaya, untuk melatih komunitas anak muda, untuk menjadi affiliator ulung dan konten kreator handal. Melalui skil tersebut, nantinya para konten kreator ini, dapat membantu UMKM sekaligus ekspansi pasar UMKM, di Surabaya.

“Dengan begitu, maka UMKM di Kota Surabaya, akan semakin lebih dikenal lagi ke depannya,” katanya.

Hilmi menjelaskan, dalam pelatihan ‘Creator Lab’ ini, para peserta akan diajarkan kiat-kiat mudah, secara mendasar, menyesuaikan kreatifitas masing-masing. Tidak hanya mengajarkan caranya saja, akan tetapi Tokopedia dan TokopediaShop, juga melakukan simulasi menjadi affiliator dan konten kreator yang baik.

Baca juga  East Java Investment Dialogue 2024, Upaya BI Jatim Tarik Investor

“Nah, di kesempatan ini kita ajarkan dasar-dasarnya. Mereka akan diajarkan, untuk bagaimana cara afiliasi dan personal brandingnya, membuat skrip yang benar, hingga evaluasi kontennya itu sendiri,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, Pemkot Surabaya, bersama SNL dan Tokopedia, membuka pelatihan ini secara umum, selama dua hari ke depan. “Kita mengundang secara umum, bagi yang ingin bisa menjadi affiliator dan konten kreator itu, kita fasilitasi melalui Pemkot Surabaya dan SNL,” pungkasnya. (yunus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed