Press "Enter" to skip to content

Edukasi Halal ke Siswa, SMAMDA Gelar Bazar Ramadhan

Bulan Ramadhan selalu identik dengan kegiatan ngabuburit. Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu siang hingga sore hari menjelang berbuka itu. Seperti mengaji, jalan-jalan sore, nongkrong di cafe, sampai berburu takjil.

MENGASAH KREATIFITAS

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (SMAMDA) mempunyai cara ngabuburit tersendiri untuk menyemarakkan bulan suci ini, yaitu dengan menggelar bazaar ramadhan.

Bertempat di halaman SMAMDA, ada 25 stand bazaar yang menjual menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Penjual makanan dan minuman ini adalah para siswa kelas X dan XI, petugas kantin serta guru dan karyawan.

“Bazaar merupakan salah satu kegiatan di bulan Ramadhan yang diselenggarakan tiap tahun. Ini untuk umum. Tak hanya siswa saja,” ungkap Astajab, S Pd, M.M kepala SMAMDA kepada majalahnurani.com, Ahad (27/5/2018).

Baca juga  LP Ma'arif PBNU: 50 Pesantren Terpapar Covid-19

Astajab menegaskan, tujuan digelarnya basar ini untuk pembelajaran pada siswa. Mengasah kreatifitas anak, bisnis skill agar menjadi entrepreneur yg baik.

Ada edukasi halal yang ditanamkan ke siswa. Seperti menunya bazaar harus halal dan thayyib.

“Seluruhnya hasil menu yang dijual ini produksi anak, Semua makanan yang dijual ini sehat dan halal. Harganya juga terjangkau. Masyarakat juga bebas membeli,” imbuhnya.

PAHAM HALAL DAN THAYYIB

Sebelum kegiatan bazzar digelar, awalnya semua peserta stand bazzar diberi pencerahan apa itu makanan halal dan thhayib.

“Mulai bahan, bagaimana prosesnya, pengemasan dan lainnya. Agar siswa juga paham apa itu halal dan thayyib,” jelas Astajab.

Kegiatan ini, sambung Astajab, tidak hanya untuk mengisi waktu menjelang berbuka dengan kegiatan positif tetapi juga untuk mengasah kreativitas siswa dalam menyajikan menu makanan dan minuman.

Baca juga  Sesuai Prediksi, Kemiskinan di Indonesia Meningkat karena Pandemi Corona

Panitia menyediakan sekitar 5000 kupon sebesar Rp. 5.000 yang digunakan untuk membeli makanan dan minuman tersebut. Setiap siswa, guru dan karyawan diberi masing-masing 3 kupon, 2 kupon untuk makanan dan 1 kupon untuk minuman. Kupon tersebut disediakan untuk mengakomodasi sekitar 1000 pengunjung yang terdiri dari siswa, guru dan karyawan serta masyarakat sekitar.

Masing masing stand bazaar siswa berkesempatan untuk menjadi juara, karena dilombakan. Stand terkreatif dengan penyajian menarik serta promosi yang bagus akan menjadi juaranya. Panitia juga menyediakan total hadiah jutaan rupiah.

“Ini yang kita jual ada sosis, bakso, minuman es buah dan lainnya. Semua halal. Nantinya hasilnya akan kita sedrkahkan,” ujar Arfi, siswa SMAMDA kelas x mipa 4.01/ Bagus

Baca juga  Pendemi Corona, Gubernur Jawa Tengah Akan Terapkan Pembayaran Zakat di Awal Ramadan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *