by

Berprinsip Syariah, Daily Wash Ramai Pelanggan

Siang itu Sumadi (63) cekatan memasukkan koin ke dalam mesin laundry dan mengoperasikannya sendiri. Muslimah asal Surabaya ini, senang karena ada jasa cuci pakaian The Daily Wash Laundromat milik pengusaha muslim Ahlan Haryo Pambudi (26).

“Ini bersih sekali. Saya punya mesin cuci di rumah. Tapi kok bersih ini. Kemudian juga murah dan cepat. Serta pemilik dan karyawannya muslim semua. Jadi ke depan saya nyuci disini saja,” ungkapnya.

MEMBAWA KEMASLAHATAN

Sang pemilik outlet, Ahlan memang baru saja membuka usaha baru laundy tersebut pada Rabu (29/8/2018) di Ruko Ketintang Baru 3 nomor 50, Surabaya.

Ketika meresmikan, H Sutrisno, kakek dari Ahlan mengaku bersyukur cucunya bisa menjadi pengusaha muslim. Lebih dari itu, dia berharap agar usaha laundry yang dilandasi prinsip syariah ini bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat sekitar.

Baca juga  Update Corona 24 Mei: Tambah 526, Positif Corona 22.271 Orang

“Mudah-mudahan usaha ini memberikan manfaat kepada masyarakat,” tutur dia.

NIAT SEDEKAH

Ahlan memaparkan, usaha yang digelutinya ini memang belajar pada pengusaha sukses. Mulai dari promo dan marketing. Namun dia tak lupa dengan prinsip Islam yang harus melandasi. Yakni usaha laundry Daily Wash yang dijalankan tersebut harus berprinsip pada Syariah.

Misalnya, dia meniatkan sedekah kepada masyarakat sekitar atau pelanggan yang diambilkan dari sebagian keuntungannya.

“Ya bagi-bagi rezeki lah. Sedekah. Bisnis ini kan yang penting berkah,” imbuhnya.

Lebih dari itu, kedepan Ahlan akan membuat aturan shalat Dhuha untuk karyawannya. Tujuannya, kata Ahlan, semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Nanti saya ingin terapkan itu,” tegasnya.

Baca juga  Rencana Terapkan PSBB, Pemkot Surabaya Kaji Dampak Ekonomi

Daily Wash Loundromart ini menyasar masyarakat menengah kebawah dengan memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mencuci pakaian.

Pelanggan hanya tinggal memasukkan koin kedalam mesin yang sebelumnya dibeli dari karyawan. Kemudian memasukkan pakaian dan tinggal menunggu sekitar satu jam.

Untuk saat ini, Ahlan mempromokan gratis laundry selama tiga hari, mulai 29 – 31 Agustus 2018. Kemudian promo laundry 6 Kg hanya Rp 10 ribu, mulai 1 – 7 September 2018.

“Mudah-mudahan dengan prinsip Islam yang saya jalankan untuk bisnis, membawa berkah bagi masyarakat sekitar dan keluarga saya,” tandas dia. 01/Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed