Peringati Hari Parlemen, SD Al Muslim Gelar Pemilihan Ketua Kids Leader.

SD Al Muslim sebagai Sekolah Sang Pemimpin mengadakan kegiatan Pemilihan Ketua Kids Leader yaitu kegiatan rutin setahun sekali pada hari Senin, 15 Oktober 2018. Kegiatan ini mengusung tema “Pemimpin Cerdas, Amanah, dan Inspiratif”.

MELATIH SISWA

Pada kegiatan ini SD Al Muslim turut memperingati Hari Parlemen Nasional.
“Tujuan kegiatan ini untuk melatih siswa agar menjadi pemimpin yang cerdas, bertanggung jawab dan mampu menginspirasi siswa/siswi yang lainnya,” ujar Ummul Jazilah Selaku Kepala Sekolah SD Al Muslim.

Kegiatan ini juga merupakan implementasi sikap kepemimpinan dan nilai-nilai demokrasi dalam program unggulan SD Al Muslim yakni Leadership. Kegiatan ini dapat menjadi penunjang program unggulan Leadership. Tujuh aspek Leadership yakni mengenal diri, akhlak, komunikasi, proses belajar, mengatur, mengambil keputusan dan kerjasama telah dimuat dalam program kids leader satu tahun ke depan.

Salah satu program kids leader adalah setiap siswa harus memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, peduli terhadap lingkungan sekitar, serta mampu menghargai orang lain. Program tersebut telah dirancang untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas di masa depan.
Calon ketua kids leader SD Al Muslim ada 4 siswa yang berasal dari kelas 4 dan 5, yakni ananda Shasya kelas 5 Al Kindi sebagai peserta calon ketua dengan nomor urut 1, ananda Ibam kelas 4 Ibnu Khaldun sebagai peserta calon ketua dengan nomor urut 2, ananda Farras kelas 5 Al Farabi sebagai peserta calon ketua dengan nomor urut 3 dan ananda Nadif kelas 4 Ibnu Rusydi sebagai peserta calon ketua dengan nomor urut 4.

VISI MISI

Pelaksanaan pemilihan diawali dengan mejelaskan visi misi dari masing-masing peserta calon ketua kids leader, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ustadzah Ummul Jazilah, S.Ag. selaku Kepala SD Al Muslim Jawa Timur. Proses pemilihan ini sudah menggunakan teknologi canggih yaitu dengan e-voting.

“Pemilihan dengan e-voting ini lebih mudah dan lebih cepat bila dibandingkan dengan pemilihan konvesional pada umumnya, para siswa tinggal meng-klik salah satu foto peserta calon ketua, dan hasil suara juga bisa langsung diketahui saat pemilihan,” tambah Nurul Islami selaku guru penanggung jawab kegiatan.

Dengan begitu pemilihan berbasis elektronik ini sangat mudah, cepat dan efektif karena tidak perlu lagi menghitung jumlah suara dari masing-masing peserta calon.

“Pemilihan berbasis teknologi ini diterapkan guna meminimalisir sampah kertas yang tiap hari jumlahnya semakin banyak,” Imbuhnya.

SD Al Muslim Jawa Timur juga memiliki program unggulan yang berbasis ramah lingkungan yakni Green Education. Setiap siswa dan kegiatan yang diselenggarakan harus meminimalisir sampah terutama sampah yang sifatnya residu atau sampah yang tidak bisa diuraikan.

APLIKASI PENGETAHUAN

Siswa/siswi terpilih sebagai kids leader SD Al Muslim harus memberi contoh yang baik dan menularkannya kepada siswa yang lainnya. Mengingat sikap positif tidak hanya wajib dimiliki oleh pemimpin, namun semua orang harus memiliki sikap positif juga. Sebuah tim yang anggota dan pemimpinnya memiliki sikap yang baik, maka tim tersebut akan dengan mudah mencapai tujuan kelompok.

Kegiatan ini akan terus berkesinambungan untuk melatih sikap kepemimpinan siswa seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW.

“Harapan dari kegiatan ini yakni para siswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya tentang sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, cara pengambilan keputusan, serta menentukan strategi pemecahan masalah,” tandasnya. 01/Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed