by

Tahun 2019, Produk Makanan Obat dan Kosmetika Wajib Disertifikasi Halal

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Hotel Millennium, Tanah Abang, Rabu (17/10/2018) malam, resmi dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Di depan para peserta, anggota BPJPH dan DPR, Menag menyampaikan bahwa BPJPH memiliki target Tahun 2019, semua produk wajib disertifikasi halal.

“Yang hadir di sini bisa membaca UU Nomor 33 Tahun 2014 itu karena, saudara-saudara di sini nantinya yang menjadi rujukan oleh masyarakat,” ujarnya.

PENGESAHAN PP

Dia berharap Peraturan Pemerintah (PP) terkait Jaminan Produk Halal (JPH) bisa segera disahkan oleh pemerintah. Sebab, apabila PP JPH itu tidak diterbitkan, BPJPH tidak dapat melakukan sertifikasi halal.

Baca juga  LPPOM MUI Komitmen Tingkatkan Sertifikasi Halal pada UMKM

“Rancangan PP ini tinggal akhir karena kita tinggal menunggu paraf dari kementerian-kementerian terkait. Mudah-mudahan bulan ini, tidak sampai menunggu akhir tahun, ini (PP PJH) bisa dilahirkan,” sambungnya.

Menurutnya PP JPH ini perlu segera diterbitkan karena pada 17 Oktober 2019 mendatang ditargetkan, agar semua produk sudah harus memiliki sertifikasi halal.

“BPJPH punya deadline bahwa pada 17 Oktober tahun depan 2019, semua produsen, mereka yang memproduksi bahan-bahan makanan, obat-obatan dan alat kosmetika itu sudah harus memiliki sertifikat halal,” tandas dia. 01/Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed