by

Program Sister School, Smamda Selalu Kirim Siswa ke Luar Negeri

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) merupakan sekolah favorit di Jawa Timur dan merupakan SMA Rujukan di Surabaya yang ditetapkan sejak tahun 2016 oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas dalam rangka percepatan peningkatan pelayanan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bermutu.

Berlokasi di Jalan Pucang Anom No.91, Kertajaya, Gubeng, Surabaya, Smamda juga dipercaya sebagai Induk Klaster Implementasi Kurikulum 2013 sejak tahun 2013 serta Sekolah Model pada tahun 2015. Selain itu Smamda juga mendapat penghargaan sebagai Muhammadiyah Outstanding School tahun 2017 di ajang Muhammadiyah Education Award.

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya mewujudkan visi “Menjadi Sekolah Islami, Modern, dan Berprestasi” mengembangkan 6 nilai karakter.

“Yaitu disiplin, bersih, mandiri, jujur, peduli dan kreatif. Smamda berkomitmen dan berfokus pada pemberdayaan karakter untuk mencetak generasi emas masa depan yang selalu berprestasi diberbagai keahlian dan keterampilan sehingga siap bersaing pada era revolusi industri 4.0,” ungkap kepala Smamda, Astajab MM.

PROGRAM INTERNASIONAL

Dalam rangka menyiapkan generasi masa depan, lanjut Astajab, Smamda menyiapkan beberapa program unggulan.
Mulai dari program keislaman dan pengkaderan siswa seperti Baitul Arqam, Darul Arqam, Ramadhan Mubarak, pengajian siswa, kegiatan memperingati hari besar Islam, sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, sholat ashar berjamaah, Tahfidzul quran, Tafsir Al Qur’an, bakti sosial dan piket simpatik untuk menyambut siswa dan guru yang hadir.

Baca juga  Besok PSBB Malang Raya Dimulai

Istimewanya, Smamda sebagai sekolah yang memiliki kelas program internasional berusaha untuk memberikan wawasan internasional kepada siswa siswinya yaitu dengan menghadirkan guru native untuk mata pelajaran matematika dan fisika, menyelenggarakan ICAS test, Cambridge test, English Class, IELTS preparation Test, serta studi ekskursi ke Singapura dengan mengunjungi beberapa universitas Republic Polytechnic, Nanyang Technology University (NTU), NUS, MDIS, SP Jain, Sense (Yayasan Mendaki), Curtin Singapore, Singapore Science Center, NAFA dan lain – lain.

“Smamda juga mempunyai program sister school dan student exchange ke Australia yaitu Lorne P-12 College dan Goulburn Valley Grammar School (GVGS), Shepparton, Victoria. Dari program kerjasama dengan Australia, Smamda mendapat apresiasi langsung dari Menteri Luar negeri Julie Bishop yang berkunjung ke Smamda pada bulan Agustus 2018. Selain Australia, Smamda juga menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah di Singapura, Malaysia, China, Belanda dan Juga Taiwan,” ungkap Astajab.

Baca juga  Zulkifli Hasan: New Normal di Masjid Sejalan dengan Pancasila

PENGHARGAAN SISWA BERPRESTASI

Astajab menjelaskan, Tahun 2019 Smamda akan membangun kerjasama dengan sekolah dan perguruan tinggi yang berada di Timur Tengah seperti Turki, Madinah sekaligus umroh.
Sebagai Sekolah yang mewadahi bakat dan potensi siswa, Smamda memiliki sekitar 50 kegiatan ekstrakurikuler yang terbagi menjadi cabang olah raga, seni, keterampilan, karya ilmiah, organisasi, bela negara dan kepanduan Hisbul Wathan (HW).

Setiap tahunnya sekitar 100 prestasi yang diraih siswa dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Sebagai penghargaan siswa berprestasi Smamda memiliki program bertajuk Champion Gathering, yaitu berkumpulnya siswa berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik.

“Dalam kegiatan ini siswa diberi penghargaan berupa hadiah, uang pembinaan dan beasiswa SPP sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Selain kegiatan ekstrakurikuler, Smamda juga mengadakan pembinaan untuk siswa siswinya yang mempunyai keinginan untuk mengikuti olimpiade yaitu melalui Pembinaan Olimpiade diwadahi dalam Smamda Competition Coaching Program (SCCP).

Smamda juga memiliki sebuah kelas digital yaitu Samsung Smart Learning Class (SSLC) yang pembelajarannya menggunakan teknologi terkini yang akan mulai beroperasi pada tahun 2019.

Baca juga  Hardiknas, Mendikbud Ajak Masyarakat Belajar dari Corona

“Semua siswa akan merasakan pembelajaran di kelas modern ini,” terang Astajab.

Siswa Smamda, tegas Astajab, tidak hanya berasal dari dalam dan luar kota saja, tetapi juga berasal dari luar pulau bahkan ada beberapa siswa program student exchange dari beberapa negara.

Untuk mengakomodasi Siswa luar kota dan luar pulau, pada tahun 2019 Smamda menyediakan boarding dengan beberapa program, diantaranya Tartil dan Tahfidzul Qur’an, Tafsir Al Quran, Muhadharah, Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Pembinaan Ibadah dan leadership, Kemuhammadiyahan dan Klinik belajar.

“Marilah bergabung dengan keluarga besar SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, dapatkan diskon khusus selama pameran. Siswa siswi Tahfidz juga mendapatkan diskon khusus sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku, atau bisa menghubungi Humas Smamda di
087855584970,” tandasnya. 01/Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed