by

NU-Muhammdiyah Dirikan Posko Korban Tsunami Selat Sunda

Hari ini Senin (24/12/2018) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) melakukan evakuasi, peninjauan, dan pemberian bantuan untuk korban Tsunami Selat Sunda.
BAHAN MAKANAN
Sekretaris LPBINU Pusat Yayah Ruchyati mengakui jika koordinasi tim cepat sudah dilakukan.
“Teman-teman di lapangan sudah turun. Di lampung sudah mendirikan dua posko bantuan. Di Serang dan Pandeglang dalam proses pendirian posko sembari melakukan penyisiran dan evakusi korban,” tuturnya dalam siaran pers.
Dalam penanganan ini, dirinya  bergabung dengan Banser, Pagar Nusa, Lembaga Kesehatan NU, dan LAZISNU serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan evakuasi dan mememuhi kebutuhan sementara para korban.
“Kami sudah mengirimkan bahan makanan dan air bersih,” terangnya.
DAPIR UMUM
Sementara Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama LAZISMU juga menerjunkan tim secara bergelombang ke lokasi bencana di Kecamatan Rajabasa, Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) guna memberikan pelayanan maksimal kepada korban bencana.
Ketua MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung, Ahsanul Huda megatakan sudah melakukan pendataan terkait bencana yang terjadi dibeberapa titik.
“Hasil dari temuan pendataan yang kita lakukan, kemudian akan dilakukan aksi lanjutan. Apa-apa saja yang bisa kita berikan kepada korban,” ungkapnya kepada media center Muhammadiyah yang diterimamajalahnurani.com
Tim awal yang diterjunkan berasal dari MDMC Metro Lampung, sebanyak 34 relawan.
MDMC PWM Lampung sudah mendirikan Posko Koordinasi (Poskor) yang berada di Sekolah Menangah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Rajabasa. Jl Rajabasa Kecamatan, Rajabasa, Lampung Selatan yang bisa diakses oleh korban bencana tsunami Lampung.
“Hari Senin ini kami mulai pendirian dapur umum, serta mulai membukan layanan kesehatan. Untuk kebutuhan mendesak yang saat  ini dibutuhkan oleh penyitas adalah hygent kit (alat mandi) dan selimut. Mengingat cuaca saat ini sedang tidak baik, sering hujan,” tandasnya. 01/bagus
Baca juga  Di Milad MUI, Jokowi Minta Ulama Ajak Umat untuk Patuhi Prokes

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed