PBNU Gelar Tahlil Untuk Ulama dan Pejuang

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus,  Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Menggelar Tahlil dan Doa untuk para Syuhada dan Ulama Pejuang Kemerdekaan.

Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud mengajak masyarakat untuk selalu mensyukuri atas kemerdekaan yang telah didapat bangsa Indonesia.

“Allah memerintahkan manusia agar bersyukur atas segala nikmat yang diberikan dari-Nya,” ujarnya kepada majalahnurani.com Sabtu (17/8/2019).

Marsudi menegaskan, Indonesia harus dijaga karena membesarkan masyarakat dan bersama-sama hidup di dalamnya.

“Mari kita Bersyukur. Insya Allah akan ditambah keberkahannya bagi seluruh penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” sambungnya.

RESOLUSI JIHAD

Marsudi pun menegaskan bahwa Indonesia mendapatkan kemerdekaan bukan pemberian penjajah. Melainkan melalui proses panjang. Bahkan para pejuang, termasuk para ulama melawan penjajah dengan mempertaruhkan nyawa demi meraih kemerdekaan.

Baca juga  Indonesia Darurat Judi Online, Tahun 2023 Perputaran Uang Rp 327 Triliun

Bahkan, lanjut dia, seusai bangsa Indonesia memplokramirkan kemerdekaan, Belanda kembali ke Indonesia ingin merebut kedaulatan NKRI melalui pasukan Netherlands Indies Civil Administration (NICA).

Untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari ancaman NICA tersebut,
pendiri NU KH M Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 mengeluarkan fatwa. Fatwa tersebut mewajibkan seluruh warga negara yang berada dalam jarak 80 kilo meter persegi (masafatul qasri) agar ikut melawan NICA.

“Fatwa monumental tersebut yang di kemudian hari dikenal dengan Resolusi Jihad. Resolusi Jihad ini tidak lain adalah untuk menjaga sesuatu yang sudah didirikan agar tidak bubar lagi,” tandasnya.

BERSYUKUR

Atas proses panjang tersebut sehingga kemerdekaan dapat diraih dan dipertahankan, menurutnya, tidak ada kata lain selain mengucapkan hamdalah. Apalagi di tempat lain, seperti negara-negara muslim di Timur Tengah hingga kini masih membangun negaranya karena konflik berkepanjangan.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

“Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat Indonesia menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan aksi nyata yang mendatangkan manfaat untuk kita bersama,” pungkasnya. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed