Press "Enter" to skip to content

Menkes Nilai Penanganan Kesehatan Haji Berhasil

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) melansir data jumlah jamaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi maupun KKHI. Ada 102 orang, hingga 11 September 2019 yang masih dirawat.

Dari data itu, menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek penanganan kesehatan jamaah haji tahun ini dinilai cukup berhasil. Hal itu bisa dilihat dari jumlah jamaah yang telah kembali dengan selamat ke kampung halaman.

“Keberhasilan itu dihitung dalam arti mereka (Tim Kesehatan) bisa menjaga sekian ratus ribu jamaah haji yang bisa kembali ke Tanah Air,” kata Menkes kepada media center haji kemarin Ahad (15/9/2019).

ISTHITAAH

Keberhasilan penanganan kesehatan juga tak lepas dari pelaksanaan istithaah terhadap jamaah haji secara ketat. Karena itu Menkes berharap istithaah tetap dilakukan sebaiknya-baiknya.

“Bahkan kami meminta para calon jamaah haji memeriksa kesehatannya dari jauh-jauh hari, agar fisik mereka tetap sehat pada saat keberangkatan,” sambungnya.

Menkes mengungkapkan beberapa permintaan kepada calon jamaah haji di masa mendatang yakni calon jamaah haji melaksanakan istitha’a dengan baik.

“Dengan demikian, proses ibadah haji jemaah haji bisa berjalan lancar dan khusyuk,” imbuhnya.

Selain itu, jamaah calon haji juga memeriksakan kesehatannya sejak jauh hari, sebelum keberangkatan ke Tanah Suci dengan maksimal.

“Kiranya fisik mereka akan baik pada saat keberangkatan,” tegasnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *