by

Tips Wanita Haid Berburu Pahala Ramadhan

Oleh:
Nur Cahya Hadi, Direktur Majalah Nurani Indonesia

MasyaAllah, beberapa amalan wanita haid ini tak kalah besar ganjarannya dengan orang yang berpuasa. Amalan apa sajakah itu?

Saudaraku, kehadiran bulan Ramadhan adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap umat islam yang beriman termasuk muslimah. Kehadiran bulan Ramadhan bukan saja menjadi ajang untuk mempersiapkan lebaran, melainkan menunggu bulan spesial yang didalamnya Allah melipatgandakan pahala.
Sayangnya, tidak semua orang bisa merasakan nikmatnya berpuasa selama bulan Ramadan terutama muslimah yang berhalangan syar’i karena haid. Namun apakah muslimah tidak memiliki peluang untuk meraup pahala selama di Bulan Ramadhan? Tentunya ada alternatif lain, karena Allah Maha Adil.

Ikhlas dengan ketentuan Allah bahwa dia terpaksa tidak berpuasa karena haid, itu sudah berpahala. Selain itu juga masih banyak peluang pahala yang bisa diraih para muslimah ketika mereka sedang haid di bulan ramadhan. Beberapa amalan yang akan mengalir pahalanya pada muslimah yang sedang haid selama Ramadhan diantaranya sebagai berikut.

MENYIAPKAN SAHUR
Membangunkan sahur dan menyiapkan makan sahur bagi orang berpuasa termasuk amalan penuh pahala bagi muslimah haid di bulan Ramadhan. Ini karena kebaikan sekecil apapun akan bernilai ibadah yang besar di bulan Ramadhan.
Rasulullah Saw bersabda “Setiap kebaikan adalah sedekah, dan di antara bentuk kebaikan adalah kamu berjumpa saudaramu dengan wajah yang menyenangkan, dan kamu menuangkan air dari embermu ke dalam bejana milik saudaramu (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Ahmad)
Memberikan air ke saudara saja dianggap ibadah, apalagi jika membangunkan orang sahur sekaligus menyiapkan makanannya.

Baca juga  Bioskop CGV di Mojokerto Dibuka Lagi, ini Syarat Bagi Pengunjung

MEMBERI BERBUKA
Selain itu, muslimah haid juga bisa mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa dengan menyediakan hidangan berbuka puasa kepada mereka yang menjalankannya. Baik menyiapkan hidangan bagi sesama anggota keluarga maupun kepada orang lain.

Rasulullah SAW Bersabda, “Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

PERBANYAK DZIKIR
Amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan muslimah yang paling utama adalah berdzikir. Selama dalam keadaan haid, wanita diperbolehkan berdzikir dan tetap menyebut Asma Allah SWT. Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan untuk siapapun dan kapan pun. Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, muslimah yang sedang haid bisa mengucapkan berbagai kalimah thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Dzikir juga bisa dilakukan untuk memohon pengampunan pada Allah dengan beristighfar dan bertobat. Sebagaimana firman Allah:
“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS Al-Ahzab: 41-42)

BANYAK BERDOA
Selama dalam keadaan haid, muslimah tetap diperbolehkan berdoa. Amalan saat haid di bulan Ramadan satu ini tentunya bisa dilakukan siapa saja dan kapan pun. Berdoa adalah bentuk ikhtiar dan cara manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Muslimah yang sedang dalam keadaan haid tetap bisa memohon, meminta, dan mendekatkan diri kepada Allah.

Baca juga  Puluhan Orang Demo Kejaksaan Kabupaten Mojokerto Tuntut Pencabutan Laporan

Wanita yang sedang dalam keadaan junub diperbolehkan membaca doa apa saja karena tidak masuk dalam larangan saat haid. Saat haid wanita masih bisa mengamalkan doa harian seperti al-Matsurat. Al-Matsurat merupakan kumpulan doa harian yang diamalkan Rasulullah.

MENDENGARKAN BACAAN ALQURAN
Mendengarkan lantunan Alquran merupakan amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan muslimah. Walaupun tidak bisa membaca Alquran karena kondisi sedang dalam keadaan hadats besar, wanita bisa menggantinya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Dengan tetap mendengar lantunan ayat suci, hati muslimah haid akan selalu dekat dengan Allah. Ini sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah. Dari Aisyah Ra ia berkata, ” Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran.”

PERBANYAK SHOLAWAT
Amalan saat haid di bulan Ramadan yang juga bisa dilakukan muslimah adalah bershalawat. Shalawat adalah bukti cinta manusia kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Selawat adalah sebab turunnya rahmat, pengampunan, dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Selawat tidak dilarang saat haid dan bisa dilakuakan kapanpun. Sebagaimana firman Allah:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.”(QS Al Ahzab 56)

BERSEDEKAH
Bersedekah merupakan amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan muslimah ketika dalam keadaan haid. Bersedekah merupakan amalan yang mudah namun pahalanya cukup besar. Memperbanyak sedekah bisa dengan berbagai cara. Mulai dari memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan. Dalam hal bersedekah, Rasulullah SAW juga menyerukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Baca juga  Ketika Azab Terbungkus Nikmat

” Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka.” (HR. Muslim)

MENDENGARKAN CERAMAH AGAMA
Amalan saat haid di bulan Ramadan selanjutnya yang bisa diamalkan muslimah adalah mendengarkan tausiyah atau ceramah agama. Melalui televise, radio, atau media sosial muslimah sudah bisa mendengarkan tausiyah. Dengan mendengarkan tausiyah dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Saudaraku para muslimah, ternyata banyak amalan yang bisa dilakukan pada saat bulan Ramadhan meskipun dalam keadaan haid. Kalau mau melakukan semua amalan tersebut, bisa jadi pahala orang yang hanya berpuasa saja, bisa dikalahkan oleh muslimah haid yang tidak berpuasa tetapi amalannya sangat banyak dan besar pahalanya….

Selamat berpuasa dan menggapai ridho Allah dengan memperbanyak amalan bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang.
Semoga bermanfaat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed