Press "Enter" to skip to content

Astaghfirullah, Tiga Pasien Corona di Jatim Alami Depresi

Tiga orang pasien positif virus corona (Covid-19) di Jawa Timur (Jatim), dikabarkan mengalami depresi. Ketiganya diketahui merupakan pasien yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya.
Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama RSJ Menur, dr Moch Hafidin Ilham, saat live streaming konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (12/5) malam.

“Saya sampaikan, ada [tiga] pasien yang kami rawat isolasi, memang tidak sampai gangguan jiwa, tapi ada beberapa gangguan seperti depresi, insomnia,” kata Ilham.

Ilham menuturkan, mulanya, ketiga pasien tersebut tak mengalami gangguan mental saat kali pertama tiba di RSJ Menur. Namun setelah beberapa hari menjalani isolasi, mereka disebut mengalami gangguan.

Baca juga  SMP SMA ICM, Sekolah Calon Pemimpin Dunia 

“Mereka juga dirawat, diisolasi sekian hari di sana (RSJ Menur)sekian hari, menjadi orang depresi dan insomnia,” katanya.

Selain itu, Ilham juga tengah menangani satu pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien tersebut kata Ilham merupakan rujukan dari RSJ Lawang, Malang.

“Kami sedang merawat satu orang pasien dengan gangguan jiwa, rujukan dari RSJ Lawang, baru satu ini (ODGJ terindikasi Covid-19)yang kami rawat,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR) pertama, pasien ODGJ tersebut, menunjuk hasil negatif. Meski demikian, pasien tersebut masih menjalani isolasi untuk menjalani pemeriksaan swab lanjutan.

“Namun sore tadi hasilnya PCR-nya negatif, akan kami ulang besok. Kami rawat dengan PDP di ruang isolasi,” ujarnya.

Baca juga  Layanan Akomodasi Jamaah Haji Mencapai 50 Persen

Dalam menangani pasien-pasien tersebut, Ilham mengatakan penanganan RSJ Menur tak hanya ditunjang oleh dokter paru-paru dan dokter penyakit dalam, tapi juga psikolog serta psikiater.
“Jadi pengobatan di RSJ Menur, secara holistik, baik itu dokter paru, dokter penyakit dalam, kami libatkan juga psikiater dan psikolog sehingga bisa kami tangani beberapa orang yang mengalami gangguan tidur, depresi, terjadi demikian,” katanya.

Seperti diketahui, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim mengalihfungsikan sebagian gedung RSJ Menur sebagai ruang isolasi pasien Covid-19, untuk sementara waktu. Di RSJ Menur, telah dipersiapkan sebanyak 100 tempat tidur (bed) untuk pasien Covid-19. Pada hari ini, Ilham mengatakan sudah ada 52 tempat tidur yang dipakai untuk perawatan.

Baca juga  Pemerintah Harus Jamin Tidak ada Calon Jamaah Haji Positif Corona

“RSJ Menur, telah ditunjuk Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) untuk menjadi rujukan pasien Covid-19. Saat ini kami persiapkan sekitar 100 bed, dan kami sedang merawat pasien Covid-19 sejumlah 52 pada hari ini,” pungkasnya. ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *