Press "Enter" to skip to content

Usai Jokowi Bicara dengan Raja Salman, Keputusan Haji Diundur Awal Juni

Pemerintah Indonesia masih menanti kabar dari Kerajaan Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji 2020. Pemerintah menunggu informasi lebih lanjut terkait virus corona atau Covid-19 di negara tersebut.

Kemenag awalnya memberikan batas waktu hari ini, Rabu 20 Mei 2020 sebagai batas waktu menunggu kejelasan haji dari Arab Saudi. Namun deadline itu diundur menjadi awal Juni.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, pemerintah akan menunggu keputusan Kerajaan Arab Saudi hingga Juni mendatang. Hal itu sudah berdasarkan keputusan dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Kalau tadinya kami buat deadline tanggal 20 Mei, kami mundur jadi 1 Juni sesuai petunjuk Bapak Presiden setelah bicara dengan Raja Salman, mungkin akan ada kepastian kalau di sana lebih baik,” kata Fachrul dalam keterangan persnya yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/5).

Baca juga  Lagi, Arab Saudi Tutup 71 Masjid Karena Jamaah Tertular Corona

Fachrul menjelaskan pemerintah telah menyiapkan tiga alternatif untuk pelaksanaan ibadah haji. Pertama, jemaah haji akan diberangkatkan seluruhnya sesuai kuota tahun ini.
Kedua, jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci hanya sebagian dari total kuota agar tetap bisa menerapkan pembatasan sosial.

“Tiga, gagal berangkat semua,” ujar Fachrul. ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *