Press "Enter" to skip to content

Mendag Sita 300 Ton Gula dari Distributor Nakal

Direktorat  Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan menyita 300 ton gula dari empat distributor nakal. Gula ini disimpan di gudang PG Kebon Agung, Pakisaji, Kabupaten Malang.

“Harga di pasaran mencapai 18-19 ribu rupiah. Kami kerja sama dengan satgas pangan menelusuri alur distribusi gula pasalnya harganya menjadi tinggi di pasaran,” tutur Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dalam video confrence, Kamis (21/5/2020).

OPERASI PASAR

Agus menginstruksikan jajarannya agar mengawasi distributor ilegal itu yang tak hanya berasal dari Malang, tapi juga dari luar daerah Malang Raya.

“Supaya harga gula kembali normal pada kisaran Rp 12.500. Gula 300 ton ini segera didistribusikan ke konsumen lewat skema operasi pasar dalam waktu dekat. Sehingga harga berangsur normal. Karena gula ini adalah komoditi penting,” ungkap Agus.

Baca juga  DPR Tuding Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada di Tengah Pandemi

Agus menyarankan ketika ada lonjakan harga gula, maka bisa segera dilaporkan.

“Jadi konsumen yang dirugikan bisa melapor. Ini salah satu program memutus mata rantai kecurangan,” ujar Agus.

PENYEBAB GULA LANGKA

Ini termasuk salah satu penyebab langkanya gula di Surabaya. Kemudian harga gula di Kepanjen masih berkisar pada harga Rp 14 hingga 15 ribu per kilogram (Kg).

Variasi harga gula tersebut didasarkan pada kualitas gula. Ada dua jenis, gula kristal dan gula biasa.

Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengomentari soal sitaan gula ini. Dia menganggap Kabupaten Malang adalah sektor produsen tebu di Jawa Timur. Menurutnya, harga gula seharusnya berkisar Rp 12.000 per Kg.

Baca juga  Belanda Klaim Temukan Penangkal Corona, Berhasil Diujicoba Pada Hewan

“Kini harga gula di pasaran rata-rata Rp 15.600 per kilogram. Malang Kabupaten adalah produsen tebu, mohon bisa didrop (diturunkan) menjadi  harga Rp 12 ribu,” ucap Sanusi Rabu (20/5/2020).

Sanusi menilai, dua pabrik gula di Kabupaten Malang seharusnya bisa mengatasi lonjakan harga gula di wilayahnya.

“Seharusnya harga gula bisa berangsur normal,” tegasnya. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *