Press "Enter" to skip to content

Libatkan Jepang, Kereta Api Cepat Diteruskan Sampai Surabaya

Kereta api cepat Jakarta-Surabaya bakal digarap tahun ini. Jika sebelumnya kereta api cepat hanya dari Jakarta-Bandung, kini diteruskan ke Surabaya.

JEPANG

Pemerintah pun menyatakan Jepang akan masuk dalam anggota konsorsium Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung – Surabaya.  

Jepang diketahui akan masuk konsorsium karena rute akan diperpanjang dari yang sebelumnya hanya Jakarta-Bandung menjadi Jakarta-Bandung-Surabaya. 

Selain itu, pelibatan juga dilakukan karena karena proses pengerjaan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang melibatkan konsorsium China mengalami keterlambatan selama satu tahun.

“Semua ini, kata Airlangga, adalah laporan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” ungkap  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (29/5/2020).

LEBIH EKONOMIS

Menurut dia, ini berdasar arahan Presiden (Jokowi) agar lebih ekonomis untuk didorong kelanjutan proyek tidak hanya berhenti di Bandung tapi sampai Surabaya dan diusulkan agar konsorsium ditambah Jepang.

Baca juga  Jumrat Gelar Aksi Tolak VFS-Tasheel

Diketahui, proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung saat ini berada di bawah tanggung jawab PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Mayoritas atau sebesar 60 persen saham perusahaan digenggam oleh PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), sedangkan sisanya 40 persen dimiliki oleh Beijing Yawan HSR Co.Ltd. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *