Press "Enter" to skip to content

Ingin Sehat dan Produktif saat New Normal? Ini Tips dari Bappenas

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa berbagi tips menjalani aktivitas di era new normal agar tetap sehat dan produktif.

WAJIB MASKER

Dijelaskannya, kebiasaan-kebiasaan baru pada era new normal bukan hal yang baru bagi masyarakat. Melainkan sudah pernah dilaksanakan, khususnya selama pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia. Seperti melakukan social distancing atau physical distancing baik dalam rumah maupun di luar rumah.

“Kita sudah kewajiban menggunakan masker apabila meninggalkan rumah dan kita senantiasa mencuci tangan kita atau setidak-tidaknya kita membawa hand sanitizer kalau kita sulit di tengah jalan sulit menemukan tempat untuk kita mencuci tangan,” tutur Suharso Jumat (12/6/2020).

Baca juga  Mudik Dilarang, Kemenhub Siapkan Skema Penutupan Akses

ADAPTASI

Menurut Suharso, era new normal ini sebuah keharusan dan masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari sembari memutus rantai penularan COVID-19.

“Karena itu setiap orang dari kita, setiap anak bangsa, siapapun dia diminta untuk bersama-sama berpartisipasi, mengambil peranannya sekecil apapun dan yang terkecil itu adalah sekali lagi menggunakan masker, tidak bosan-bosannya mencuci tangan dan jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang di sekitarnya, itu Penting. Jadi tidak terlalu rumit bukan,” sambungnya.

DISIPLIN

Masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan yang sudah diberlakukan, khususnya di tempat-tempat yang biasa menjadi kerumunan, seperti tempat beribadah, pusat perbelanjaan, hingga kantor.

Baca juga  Khofifah Minta Koperasi di Jatim Masuk Ekosistem Digital

Oleh karena itu, bagi Suharso, tidak ada hal yang baru dan tidak ada hal yang perlu dirumitkan.

“Yang penting kita mau mempersiapkan diri, menjaga diri kita, keluarga kita, dan orang di sekitar kita, dan yang penting juga kalau kita nanti setelah beraktivitas di luar lalu kembali jangan lupa kita untuk mandi, mandi kemudian seluruh baju dan pakaian yang kita pakai benar-benar dicuci tidak perlu digantung-gantung lagi, tidak perlu dipakai lagi, pakailah yang baru untuk keesokan harinya,” tandasnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *