Press "Enter" to skip to content

Wapres Minta DPR Tunda Pembahasan RUU HIP

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meminta agar DPR menunda pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Negara (RUU HIP). Ia menyatakan pemerintah saat ini masih fokus untuk penanganan virus corona (Covid-19) yang mewabah di Indonesia.


“Karena memang pemerintah ingin fokus kepada penanganan Covid-19 dan dampaknya, termasuk masalah sosial dan ekonomi dalam rangka upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional,” kata Ma’ruf seusai melakukan pertemuan dengan perwakilan ormas Islam di Rumah Dinas Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (16/6) malam.

Pertemuan itu turut dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam seperti PBNU, PP Muhammadiyah, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hadir pula dalam pertemuan itu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.
Sejumlah ulama dan ormas keagamaan sebelumnya memprotes pembahasan RUU HIP yang dinilai mereduksi Pancasila dan tak mencantumkan TAP MPRS tersebut di dalamnya. Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS menyebut ada pihak yang mencoba mengerdilkan Pancasila lewat RUU HIP. Ia khawatir Pancasila yang selama ini menyatukan umat berbeda agama di Indonesia lama-kelamaan akan hilang karena disederhanakan menjadi Ekasila di RUU itu.

Baca juga  Pakar Pandemi Sarankan Pemerintah Fokus Aspek Kesehatan Masyarakat


“Memang ada usaha ke sana karena dari Pancasila dikerdilkan lagi menjadi Trisila, dari Trisila di-slim-kan lagi menjadi Ekasila. Dan Ekasila tidak pula ketuhanan yang maha esa, tapi gotong-royong,” kata UAS, Ahad (14/6). Bahkan PP Muhammadiyah tegas menolak dan meminta pembahasan RUU HIP itu disetop. Ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *