218 ASN Jatim Dirapid Tes, 19 Positif Corona

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Nurkholis membenarkan adanya 218 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jatim dinyatakan reaktif dalam rapid test yang digelar di masing-masing OPD. Dari jumlah tersebut, 174 ASN telah diswab dan hasilnya 19 orang dinyatakan positif COVID-19.

“Ada 218 pegawai reaktif. Yang sudah diswab 174, hasilnya 19 positif Corona. Masih ada 125 pegawai yang masih menunggu hasil swab,” kata dia Selasa malam (23/6/2020).

PERBANYAK TESTING

Nurkholis mengatakan bahwa dari 55 OPD di lingkungan Pemprov Jatim yang sudah melakukan rapid test ada sebanyak 35 OPD. Atau baru 63 persen OPD yang dilakukan rapid test.

Baca juga  Bismillah….Iran Mulai Serang Israel!

Pihaknya mengakui Pemprov Jatim sejatinya mendorong untuk memperbanyak testing di kalangan ASN. Pemprov juga terus mentracing pegawai jika ada ASN yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Total pegawai Pemprov Jatim yang sudah dirapid test ada sebanyak 7.286 orang dengan 218 tadi reaktif. Jumlah yang dirapid masih 9,35 persen dari total jumlah ASN kita yang ada yaitu 77.953 orang. Jadi sekitar 90,65 persen belum dites,” jelasnya.

BUKAN AIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah menjelaskan, ASN yang positif COVID-19 saat ini sedang dirawat di RS Darurat COVID-19. Adapun yang masih reaktif, maupun yang sedang menunggu hasil swab, mereka dikarantina di kantor BSDM.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

“Yang reaktif semua dirawat di sini, di BSDM, yang positif langsung di treatment. Intinya kita semua harus memastikan bahwa semua harus terproteksi. Kami juga selalu mensupport ASN yang terpapar agar tetap semangat,” kata Khofifah.

Khofifah berpesan pada seluruh ASN dan juga kepada seluruh masyarakat agar tidak menganggap COVID-19 sebagai aib. Saat ini yang dibutuhkan adalah bersinergi bersama untuk memutus mata rantai virus Corona.

“Jangan sampai masyarakat semua berpikir bahwa pandemi COVID-19 ini adalah aib dan tabu. Kita bersama harus kompak memutus mata rantai ini,” tandas dia. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed