Besok, Uji Vaksin Corona ke Relawan Dimulai

Menteri Kesehatan (Menkes)Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad), Jalan Eyckman, Kota Bandung, Senin (10/8/2020). Unpad merupakan yang jadi salah satu lokasi penelitian dan uji vaksin corona ke relawan mulai besok, Selasa (11/8/2020).

Presiden Joko Widodo direncanakan akan meninjau langsung hari pertama proses uji vaksin Covid-19 fase III di sana.

Kunjungan Menkes Terawan didampingi langsung Rektor Unpad Rina Indiastuti, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad Setiawan, serta Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Kusnandi Rusmil.

PENYUNTIKAN

Terawan ingin memastikan proses perdana penyuntikan vaksin ke sejumlah subyek atau relawan berjalan dengan baik.

“Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada presiden yang langsung meninjau,” kata Terawan Senin (10/8/2020).

Baca juga  Aksi Militer Iran Merupakan Respons Terhadap Agresi Rezim Jahat Zionis

Terkait proses penyuntikan vaksin Sinovac, China tersebut, Dekan FK Unpad Setiawan memastikan bahwa ruang uji vaksin di lantai dua gedung RSP Unpad sudah disterilisasi.

“Ruang sudah dilakukan disinfeksi sesuai dengan ketentuan,” ucap Setiawan.

Selain itu, pihaknya juga memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan maupun subjek uji klinis besok. Semuanya, kata Setiawan, sudah dilakukan tes PCR. Mereka yang hasilnya negatif bisa mengikuti uji klinis perdana vaksin Covid-19 besok.

“Catatannya, uji klinis ini sebetulnya relatif aman karena seluruh petugas dan subyek dites dulu. Jadi semuanya negatif. Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” kata Setiawan.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

BIO FARMA

Sementara itu, Rektor Unpad Rina Indiastuti menjelaskan, proses uji klinis vaksin Covid-19 kerja sama Unpad dengan Bio Farma ini merupakan aktivitas strategis. Uji klinis ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Karena itu, Pak Menkes ingin memastikan apakah penyuntikan perdana itu akan bisa berjalan baik. Beliau juga melihat bagaimana kapasitas Unpad untuk bisa mengerjakan riset dan inovasi lainnya,” ujar Rina.

Bagi Unpad, uji klinis vaksin Covid-19 merupakan salah satu momentum untuk mengembangkan sejumlah riset dan inovasi lainnya.

“Pak Menkes akan support hal tersebut,” tandas Rina. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed