Press "Enter" to skip to content

Kuota Gratis untuk Siswa, Bisa Digunakan Semua Laman dan Aplikasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengurangi kuota internet gratis untuk membantu belajar jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Bantuan kuota tersebut mulai dikirim 11-15 Maret 2021.

“Tahun 2021 kita akan memberikan kuota dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tapi kuota umum. Jadi bisa digunakan untuk seluruh laman dan aplikasi,” kata Nadiem dalam acara Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 yang disiarkan YouTube Kemendikbud, Senin (1/3/2021).

HINGGA 15 GIGA

Subsidi kuota untuk siswa PAUD hanya 7 gigabyte (GB) per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 10 GB, guru 12 GB, serta mahasiswa dan dosen masing-masing 15 GB.

Baca juga  Tausiyah MUI Imbau Umat Islam Redam Konflik Horizontal

Besaran kuota tahun ini berbeda jauh dengan tahun lalu. Untuk siswa PAUD bantuan kuota mencapai 20 GB per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 35 GB, guru 42 GB, serta mahasiswa dan dosen masing-masing 50 GB.

TIDAK DIBATASI

Namun, Nadiem menyebut kali ini pemakaian kuota tidak lagi dibatasi. Tahun lalu setiap penerima hanya bisa memakai 5 GB kuota secara bebas, sementara sisanya dibatasi untuk aplikasi tertentu.

Kali ini, kata Nadiem, seluruh kuota bisa digunakan untuk menjelajahi situs maupun mengakses YouTube. Kebijakan ini diambil berdasarkan saran dari banyak penerima kuota pada tahun lalu.

“Jadi (kuota) bisa digunakan untuk seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir. Kebanyakan game dan sosmed, seperti Facebook, TikTok dan Instagram,” ujarnya.

Baca juga  Astaghfirullah, Pandemi Corona Bisa Lebih Panjang

Subsidi kuota bakal dikirimkan secara otomatis ke penerima kuota yang sudah terdaftar pada 2020. Peserta didik atau pendidik yang belum menerima bantuan tersebut diminta melaporkan diri ke sekolah. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *